​Dua Pusaka Milik Bung Karno, Keris dan Tombak Dijamas di Situs Ndalem Pojok Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dua Pusaka Milik Bung Karno, Keris dan Tombak Dijamas di Situs Ndalem Pojok Kediri

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 05 Agustus 2023 10:58 WIB

Ketua Harian Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Kediri, Kushartono, saat memegang keris dan tombak, pusaka milik Bung Karno usai dijamas. (Ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setiap bulan Suro, rutin dilakukan prosesi Jamasan. Prosesi jamasan ini selain untuk menghormati dan merawat warisan pusaka leluhur, juga sebagai simbol sikap manusia Jawa dalam menyambut datangnya tahun baru Jawa.

Hal itulah juga dilakukan Persada Soekarno di Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten , Jumat (4/8/2023). Yang istimewa, prosesi Jamasan yang di gelar di halaman rumah masa kecil Presiden RI Pertama Ir. Soekarno itu, ada dua pusaka milik yang ikut dijamas.

“Bagi kami pusaka itu adalah simbol, simbol jati diri, kemulyaan dan keluhuran budi bangsa Indonesia. Kalau bangsa ini sudah tidak lagi perduli dan merawat pusaka budaya bangsa, bagi kami ini tanda-tanda kurang baik, karena kita bisa kehilangan jati diri,"ujar Ketua Harian Persada Soekarno , Kushartono, Sabtu (5/8/2023).

Untuk itu, dengan jamasan dua pusaka milik Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno ini, pihaknya ingin pengingatkan bahwa sebenarnya bangsa Indonesia ini punya ‘pusaka’ sakti yang harus dirawat dan dijaga.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video