5 Tempat Wisata Sejarah di Surabaya yang Cocok Dikunjungi saat HUT ke-78 Republik Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Tempat Wisata Sejarah di Surabaya yang Cocok Dikunjungi saat HUT ke-78 Republik Indonesia

Editor: Sigit
Jumat, 04 Agustus 2023 11:43 WIB

Museum WR Soepratman. Foto: tiketwisata.surabaya.go.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia tinggal hitungan jari saja.

Berbagai tradisi digelar untuk memeriahkan perayaan HUT RI, seperti upacara bendera, menghias kampung, hingga aneka lomba khas 17 Agustus.

Selain kegiatan di atas, mengunjungi destinasi wisata sejarah dapat menjadi aktivitas lain pada 17 Agustus. Dengan mendatangi tempat wisata sejarah, kita dapat mengenang dan menghormati jasa para pahlawan dalam menggapai kemerdekaan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 wisata sejarah di Surabaya yang cocok dikunjungi saat HUT ke-78 RI.

1.

menjadi salah satu ikon Surabaya yang paling populer.

dibangun pada 10 November 1951 dan diresmikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada 10 November 1952 .

Tujuan didirikan monumen ini untuk mengenang sejarah para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Sementara pada 10 November 1991 mulai dibangun Museum Sepuluh November dengan luas 1366 meter persegi di bawah permukaan tanah dengan kedalaman 7 meter. Lokasi Museum Sepuluh November sendiri terletak di areal Kompleks .

2. Museum WR Soepratman

Bangunan museum di Jalan Mangga 21, Tambaksari, Surabaya ini awalnya adalah rumah milik kakak pertama WR Soepratman.

W.R. Soepratman mendiami rumah tersebut pada 1937, hingga akhirnya meninggal dunia pada 17 Agustus 1938.

Di sini pengunjung dapat melihat benda-benda bersejarah, diantaranya foto-foto, pakaian, alat musik biola, serta guntingan koran tentang WR Soepratman.

Yang paling ikonik dari tempat bersejarah di Surabaya ini adalah keberadaan Patung WR Soepratman yang berpose memainkan biola di depan museum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video