Selain Bantengan hingga Barongsai, 1.000 Bendera Merah Putih Berkibar Jadi Pembuka Majafest 2023 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selain Bantengan hingga Barongsai, 1.000 Bendera Merah Putih Berkibar Jadi Pembuka Majafest 2023

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Nina Puji Rahayu
Kamis, 03 Agustus 2023 15:40 WIB

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, saat memukul gong sebagai tanda dibukanya Majafest 2023. Foto: NINA PUJI RAHAYU/BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Rancaknya atraksi 100 kesenian tradisional Bantengan lengkap dengan gemulai tarian gadis jelitanya, lenguhan akibat sabetan rotan para pemain Ujung, Reog Ponorogo, hingga lincahnya gerak pemain Barongsai menjadi pembuka Majafest 2023, Kamis (3/8/2023). 

Setidaknya hingga 5 Agustus mendatang, warga Kabupaten bakal disuguhi beragam atraksi festival tourism, budaya dan ekonomi kreatif (ekraf) secara gratis di lapangan Kawiryan, Desa Pacing, Kecamatan Bangsal.

Dengan antusias, Bupati , Ikfina Fahmawati, beserta wakilnya, Muhammad Al Barra dan jajaran Forkopimda menyaksikan jalannya acara demi acara yang berlangsung siang ini. Kencangnya angin kemarau dan teriknya mentari pukul 11.00 WIB tak menyurutkan semangat para kepala OPD saat itu, ditambah alunan musik keroncong dari Jelita yang menyejukkan.

Dengan antusias, sekitar 1.000 bendera merah putih dikibarkan dalam momen tahunan bertajuk Harmoni Nusantara. Pengibaran bendera menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dipimpin bupati perempuan pertama yang memimpin Kabupaten seraya menyerahkan bendera pertama kepada anggota Forkopimda.

Megahnya acara dengan slot anggaran Rp2,2 miliar itu dibuka dengan pemotongan tumpeng dilanjut pemukulan gong oleh Ikfina Fahmawati.

Pengibaran 1.000 bendera Merah Putih menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI dalam Majafest 2023. Foto: NINA PUJI RAHAYU/BANGSAONLINE

"Alhamdulillah kita bersama-sama dalam agenda tahunan ini untuk memberi Kabupaten lebih cepat bangkit dari dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 pada 2020 hingga 2022. Dari even yang ketiga kalinya kita berupaya bagaimana semua bangkit kembali," ujarnya saat memberi sambutan.

Ia pun menyebut bagaimana budaya di Kabupaten bangkit. Bupati menyatakan, agenda tersebut juga melibatkan para seniman dan budayawan yang jumlahnya tidak terhitung di Kabupaten untuk kembali bangkit.

"Dalam Majafest 2021 kita mengangkat cokelat dan kopi, kemudian pada 2022 kita mengangkat batik khas Kabupaten yang tidak pernah lepas dari berbagai ornamen-ornamen yang berkaitan dengan kerajaan dan di tahun 2023 kita gelar memberikan ruang dan waktu yang lebih banyak untuk para seniman dan budayawan untuk kembali menunjukkan betapa luar biasanya budaya-budaya yang ada di Kabupaten untuk 2023," katanya bersemangat.

Selain itu, Bupati menjanjikan akan banyak tampilan-tampilan pagelaran budaya di Kabupaten

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video