Ketua DPC Posnu Surabaya Ragukan Keterwakilan Perempuan 30 Persen dalam Rekrutmen Bawaslu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketua DPC Posnu Surabaya Ragukan Keterwakilan Perempuan 30 Persen dalam Rekrutmen Bawaslu

Editor: Maulana
Wartawan: M. Aulia Rahman
Rabu, 02 Agustus 2023 20:40 WIB

Ketua DPC Posnu Surabaya, Irsal Ghaffar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC Poros Sahabat Nusantara (Posnu) , Irsal Ghaffar, mengungkapkan kekhawatirannya terkait keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dalam rekrutmen yang dilakukan Pansel . Sebab, pihaknya telah menelaah hasil seleksi kota/kabupaten periode 2023-2028 yang dibuat pada 31 Juli 2023.

"Pansel tidak memperhatikan pasal 10 ayat 7 dan pasal 92 atau 11 UU 7/2017 dengan tegas menyatakan bahwa keanggotaan RI Prov dan Kab/kota harus memperhatikan kedudukan keterwakilan perempuan 30 persen," kata Ghaffar melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (2/8/2023).

Sebagaimana tertuang dalam amanah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 H ayat (2), yang menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

"Seharusnya, amanah undang-undang tersebut menjadi dasar pertimbangan bagi siapapun yang melaksanakan seleksi pejabat politik seperti kota/kabupaten. Semestinya pansel mematuhi amanat perturan perundang-undangan tanpa terkecuali termasuk pansel ," urai Ghaffar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video