Kota Terkumuh Bangkit Berkat Demokrasi, Pemimpin Indonesia Harus Baca Tulisan Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kota Terkumuh Bangkit Berkat Demokrasi, Pemimpin Indonesia Harus Baca Tulisan Ini

Editor: MMA
Minggu, 23 Juli 2023 09:09 WIB

Salah satu sudut Kota Dharavi. Sangat kumuh dan ruwet. Foto: Shutterstock/Tom Young Wildlife/Kompas

MUMBAI, BANGSAONLINE.com Para pemimpin pemerintahan – mulai presiden, kepala daerah, menteri, hinggga camat dan kepala desa, bahkan RT/RW - harus baca tulisan wartawan kaya pengalaman Dahlan Iskan.

Tulisan tetang apa? Tentang , yang terletak di kota metropolis Mumbai . Kenapa? Karena ada pelajaran demokrasi dari kota , terutama dalam proses pengambilan kebijakan dan keputusannya. Dengan demikian tak otoriter dan mengabaikan suara rakyat yang telah memberikan suara pada pemilihan umum.

Sepenting apakah? Silakan saja baca tulisan tokoh pers yang juga mantan menteri BUMN itu di BANGSAONLINE.com di bawah ini:

PENGANTAR REDAKSI BANGSAONLINE

BAGI yang suka demokrasi, inilah hiburan nyata: mengubah kota kumuh tidak harus lewat tangan besi.

Anda sudah kenal kota kumuh ini: . Kota terkumuh di dunia. Yang jadi lokasi shooting film Slumdog Millionaire. Yang membuat petinju Mike Tyson ngotot ke situ.

Pekan lalu negara bagian Maharashtra membuat keputusan: Adani sebagai pemenang tender pembenahan kota kumuh .

Satu provinsi di negara demokrasi ternyata juga bisa bikin keputusan sangat besar. Tanpa mengabaikan demokrasi.

itu memang ruwet, amburadul dan mahal. Tapi dengan demokrasi, Korea Selatan bisa maju. Alasan bagi yang tidak suka demokrasi: Korsel itu beda. Korsel berubah ke demokrasi setelah level masyarakatnya masuk kelas menengah.

Kini bergerak sangat maju. Padahal sudah berdemokrasi sejak merdeka di tahun 1947. Sejak masih sangat miskin. Memang, kini pun belum menjadi negara maju. Tapi sudah terlihat segera ke sana.

Di awal, gerak majunya memang terasa lambat. Tapi bergerak. Bahkan gerak itu belakangan terasa kian cepat.

Kalau kota kumuh berhasil jadi kota modern jangan lupakan para pejabat di sana. Sabar tapi gigih. Gigih tapi sabar. Semua proses demokrasi dijalankan dengan telaten. Mereka lalui keruwetan yang terlalu ruwet itu.

Program pembenahan kota kumuh sudah dicanangkan sejak 1997. Tender dilakukan. Dibatalkan. Dilakukan lagi. Dibatalkan lagi.

Pemerintahan negara bagian Maharashtra silih berganti. Dengan cepat. Tidak ada partai yang pernah menang pemilu lebih 50 persen. Partai terlalu banyak. Hidup mati silih berganti. Termasuk partai lokal.

Setiap pemerintahan negara bagian selalu berbentuk pemerintahan koalisi. Lalu koalisinya pecah. Pemerintahannya pun bubar. Bentuk koalisi baru. Bubar lagi. Begitu melulu. Dari pemilu ke pemilu. Seperti pilu.

Tapi tidak.

Kota pun kian padat. Kian kumuh. Saat ini penduduknya sekitar 800.000 orang. Sebagian besar tanpa air dan listrik. Air didapat dari kereta dorong. Atau dari selang yang silang-menyilang.

Listrik dari kabel berwarna hitam dan berstatus gelap. Saya terhibur ketika ke . Kala itu. Waktu berangkat, saya berwajah muram: pencurian listrik di PLN, di suatu daerah, bisa 12 persen. Di , di satu daerah, 47 persen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video