Terima Dubes Republik Ceko untuk Indonesia, Gubernur Khofifah Bahas Peluang Kerja Sama 3 Hal ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terima Dubes Republik Ceko untuk Indonesia, Gubernur Khofifah Bahas Peluang Kerja Sama 3 Hal ini

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 20 Juli 2023 21:25 WIB

Gubernur Khofifah menerima kunjungan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (20/7/2023).

Saat itu, mereka membahas beberapa kerja sama yang bisa dikembangkan, di antaranya soal pengembangan industri manufaktur, sektor perhubungan terutama kereta api, dan teknologi pertanian.

Dalam industri manufaktur dan perhubungan, Tim dari Republik Ceko pada September dan Oktober mendatang akan datang ke Indonesia untuk mengembangkan kerja sama di sektor perhubungan, yakni terkait industri kereta api dan rel.

menyambut baik hal tersebut, dan mengatakan bahwa di Jawa Timur ada dua pabrik PT. INKA (Persero) yang merupakan BUMN manufaktur kereta api di Indonesia, yakni di Madiun dan Banyuwangi. Untuk itu, ia berharap pada September-Oktober 2023 tim dari Ceko bisa berkunjung ke Jawa Timur, sekaligus ke pabrik .

Apalagi, Jawa Timur saat ini juga sedang mendorong pengembangan industri manufaktur. Yang mana, di mana industri manufaktur pada 2022 sebesar 31,4 persen, lebih tinggi dari target manufaktur Indonesia sebesar 30 persen pada 2045.

"Sehingga jikalau ada Tim dari Republik Ceko pada Bulan September-Oktober mendatang akan datang ke Indonesia, saya rasa sangat tepat kalau tim tersebut datang ke Jatim. Kami siap mengantarkan ke sentra industri PT. INKA yang ada di Madiun dan Banyuwangi," kata .

Ia menyebut, pengembangan industri manufaktur terutama di sektor perhubungan yakni kereta api di Jatim ini sangat tepat. Apalagi di kawasan aglomerasi Surabaya saat ini sedang finalisasi rencana proyek pembangunan LRT dan MRT.

"Kehadiran tim dari Republik Ceko ke Jatim ini saya rasa waktunya tepat sekali. Sehingga nanti bisa melihat persiapan masterplan proyek LRT dan MRT di kawasan aglomerasi Surabaya ini," ucapnya.

"Semoga rencana ini bisa dikonkretkan lagi karena kita inginkan koneksitas dari transportasi publik di aglomerasi Surabaya itu insyaAllah akan ketemu pada titik-titik yang akan makin menguatkan dan makin mengkonkretkan terutama koneksitas antara kawasan permukiman dan industri," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video