Wakili Jatim, Desa Wedani Gresik Jadi Percontohan Program KKBC BPJS Ketenagakerjaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Wakili Jatim, Desa Wedani Gresik Jadi Percontohan Program KKBC BPJS Ketenagakerjaan

Editor: Aulia Rachman
Wartawan: Syuhud
Jumat, 07 Juli 2023 18:06 WIB

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Hadi Purnomo (empat dari kanan) saat hadiri launching program KKBC di Balai Desa Wedani, Kecamatan Cerme. FOTO: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - , Kecamatan Cerme, Kabupaten terpilih menjadi desa percontohan program Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial () Ketenagakerjaan.

Melalui program KKBC, Desa Wedani akan mewakili wilayah Jawa Timur. Hal ini ditandai dengan launching serentak di 11 wilayah di seluruh Indonesia, melalui zoom bersama Dirut Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo di Kantor Pusat, Kamis (6/7/2023).

Kepala Disnaker (dinas tenaga kerja) , Andhy Hendro Wijaya menyampaikan, untuk menambah angka pekerja rentan terlindungi program Ketenagakerjaan. Disnaker akan mendorong perusahaan-perusahaan di untuk menyalurkan CSR-nya buat perlindungan pekerja rentan.

"Harapannya, semakin banyak pekerja rentan di terlindungi program Ketenagakerjaan," kata Andhy.

Kepala Ketenagakerjaan , Bunyamin Najmi menjelaskan, launching Kampanye KKBC ini diharap mampu menambah jumlah kepesertaan Ketenagakerjaan. Terutama bagi segmen peserta BPU (bukan penerima upah) dan yang berada di desa-desa.

Sektor BPU, yang sebagian besar berada di ekosistem desa, menjadi fokus Ketenagakerjaan saat ini. Dengan iuran mulai dari Rp16.800 perbulan, para pekerja BPU akan mendapatkan perlindungan program jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM).

Deputi Direktur Wilayah Ketenagakerjaan Jawa Timur, Hadi Purnomo, menjelaskan manfaat yang didapat dari iuran tersebut. Di antaranya, perawatan tanpa batas biaya, santunan kematian karena kecelakaan kerja, hingga santunan cacat total tetap.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video