Sigap Tangani Dampak Gempa di Jogja, Gubernur Khofifah Kirim Bantuan Kedaruratan Bencana ke Pacitan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sigap Tangani Dampak Gempa di Jogja, Gubernur Khofifah Kirim Bantuan Kedaruratan Bencana ke Pacitan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 01 Juli 2023 19:55 WIB

Masyarakat terdampak gempa saat menerima bantuan dari Gubernur Khofifah.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur bergerak cepat melakukan langkah-langkah ekstensif untuk meminimalisir dampak bumi di Yogyakarta yang melanda sejumlah daerah di Jawa Timur, salah satunya dengan mengirimkan bantuan kedaruratan bencana berupa 150 paket sembako dan 100 terpal ke , Sabtu (1/7/2023).

merupakan satu dari 5 daerah terdampak berkekuatan 6,4 SR pada 30 Juni 2023 sekira pukul 19.57 WIB, keempat daerah terdampak lainnya ialah Trenggalek, Ponorogo, Tulungagung, dan Kabupaten Blitar. Meski tidak berpotensi tsunami, terdapat 6 kali susulan di sekitar lokasi awal.

mengatakan bahwa merupakan daerah yang paling terasa imbasnya. Hingga saat ini, hasil pendataan cepat kerusakan yang masuk ke BPBD antara lain rumah rusak ringan 23 unit, rumah rusak sedang 18 unit, rumah rusak berat 1 unit, dan 6 fasilitas umum rusak ringan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban dari peristiwa ini. Namun memang ada kerusakan di 5 kabupaten yang terdampak langsung. Dan yang paling besar dampaknya ada di Kabupaten ," ujarnya saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Total dampak keseluruhan dari semua kabupaten termasuk mencapai 32 unit rumah rusak ringan, 20 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, 9 unit fasilitas umum rusak ringan, 3 unit tempat usaha rusak ringan, 1 unit tempat usaha rusak berat, serta 1 unit gudang rusak.

"Sebenarnya di tiap BPBD masing-masing kabupaten/kota sudah ada terpal untuk saat-saat seperti ini. Tapi pengiriman bantuan saat ini adalah bantuan awal untuk kedaruratan bencana agar masyarakat lebih bisa terfasilitasi," kata .

Selain itu, gubernur mengatakan bahwa agen bencana dan TRC BPBD kabupaten/kota tengah bersama-sama melakukan assesmen untuk menilai tingkat krisis yang ada. Tak hanya itu, BPBD Jatim juga berkoordinasi dengan Pusat Krisis Kesehatan Regional Jatim dan Dinas Kesehatan Jatim.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video