Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Hukum Puasa Sambil Tidur? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Hukum Puasa Sambil Tidur?

Kamis, 18 Juni 2015 21:01 WIB

Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum Pak Kiai, Bagaimana kalo kita puasa tapi di waktu puasa kita tidur dari jam 6 pagi sampai jam 9 malam, batal atau tidak? 

(Hamba Allah)

Jawab:

Menurut definisi syar’i, puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah makan, minum dan berhubungan badan, yang kesemuanya itu dilakukan dengan sengaja dan dalam kondisi sadar. Maka beberapa hal tadi dapat membatalkan puasa, sebab ibadah puasa adalah bersifat menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu bukan berusaha melakukan sesuatu. Maka menahan diri Itu lah substansinya.

Oleh sebab itu, sebuah hadis yang populer di tengah masyarakat Indonesia walaupun banyak yang menilai sebagai hadis da’if (lemah) dan bahkan maudu’ (palsu), hadis laporan Abdullah bin Abi Aufa yang menyatakan:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video