DKPP Kota Kediri Kunjungi 177 Titik Penyembelihan, Pastikan Daging Kurban Layak Konsumsi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DKPP Kota Kediri Kunjungi 177 Titik Penyembelihan, Pastikan Daging Kurban Layak Konsumsi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 30 Juni 2023 11:26 WIB

Tim dari DKPP Kota Kediri saat memeriksa daging kurban. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Usai menjalankan salat Idul Adha 1444 H, Kamis (29/6/2023) kemarin, Tim Monitoring Hewan Kurban Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri dibantu mahasiswa UB dan Dokter Hewan mengunjungi 177 titik penyembelihan yang tersebar di 3 kecamatan.

Kunjungan tersebut untuk memastikan daging hewan kurban yang akan dibagikan pada masyarakat aman dan layak untuk dikonsumsi, serta terhindar dari penyakit berbahaya seperti cacing hati dan penyakit berbahaya lainnya.

Kepala DKPP Kota Kediri, M. Ridwan mengatakan pihaknya telah menerjunkan sebanyak 3 tim untuk menyisir 177 titik penyembelihan di 46 kelurahan. Menurutnya, tim melakukan pemeriksaan post mortem.

Petugas memfokuskan pemeriksaan pada organ dalam seperti hati, paru-paru, dan limfa. Dari pemeriksaan tersebut, petugas menemukan beberapa hati kambing, sapi, dan domba di beberapa titik yang terdapat cacing hati (fasciola hepatica).

“Organ dalam kambing dan sapi yang terdapat cacing hati ini langsung dikuburkan bersama darah dan kotoran secara langsung. Petugas akan memastikan organ yang bermasalah ini tidak dibagikan pada masyarakat,” terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video