Status Tarekat Shiddiqiyah Bakal Dibahas Muktamar XII JATMI di Pesantren Al Madani Semarang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Status Tarekat Shiddiqiyah Bakal Dibahas Muktamar XII JATMI di Pesantren Al Madani Semarang

Editor: MMA
Senin, 26 Juni 2023 16:01 WIB

JATMI bakal menggelar Muktamar XII di Pondok Pesantren Al Madani Gunung Jati Semarang Jawa Tengah pada 26 – 28 Juni 2023. Foto: istimewa

SEMARANG, BANGSAONLINE.com – Organisasi tarekat yang menamakan diri Jam’iyah Ahli Tarekat Mu’tabarah Indonesia (JATMI) menggelar Muktamar XII di Pondok Pesantren Al Madani Gunung Jati Jawa Tengah pada 26 – 28 Juni 2023. Agenda utama Muktamar ke-12 itu adalah program dan pemilihan pemimpin JATMI yang baru.

Panitia mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk membuka Muktamar XII JATMI.

"Tapi presiden mendelegasikan ke Kemenag," kata Ketua Steering Committee (SC) Mukhlas Syarkun kepada BANGSAONLINE, Senin (26/6/2023).

"Tapi untuk penutupannya insyaallah akan ditutup oleh Menko Polhukam Mahfud MD," kata Mukhlas Syarkun.

Menurut dia, para muktamirin JATMI juga akan membahas soal isu-isu yang berkembang dalam masyarakat, baik yang menyangkut kemu’tabaran tarekat maupun soal kebangsaan. Salah satu syarat tarekat dianggap mu’tabar (standar), jika sanadnya jelas, tidak terputus, nyambung sampai Nabi Muhammad.

Nah, salah satu organisasi tarekat yang akan dibahas kemu’tbarannya adalah tarekat Shiddiqiyah yang berpusat di Ploso Jombang.

“Status kemu'tabaran thoriqoh Shiddiqiyah yang sempat diputuskan melalui forum Rakernas JATMI beberapa tahun lalu akan dibahas di forum tertinggi JATMI yaitu muktamar ke XII ini,” kata Mukhlas.

Tarekat ini pernah dinyatakan mu’tabarah oleh JATMI.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video