Kloter Haji Terakhir Embarkasi Surabaya Berangkat, Gubernur Khofifah Doakan Mabrur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kloter Haji Terakhir Embarkasi Surabaya Berangkat, Gubernur Khofifah Doakan Mabrur

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Jumat, 23 Juni 2023 18:25 WIB

Kloter haji terakhir embarkasi Surabaya saat berangkat.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kloter terakhir calon jamaah haji (CJH) embarkasi Surabaya telah diberangkatkan, Jumat (23/6/2023) sore. Terkait hal itu, Gubernur mengajak masyarakat untuk mendoakan agar seluruh jamaah haji dari Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya sehat, lancar, serta mabrur.

"Hari ini 4 kloter terakhir berjumlah 1.411 orang telah berangkat dari embarkasi Surabaya. Alhamdulillah semua lancar dan sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jamaah haji yang berangkat di kloter-kloter terakhir ini telah mengenakan baju ihram sejak dari asrama haji. Karena setibanya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, mereka langsung menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umroh wajib atau tawaf qudum.

“Jadi para jamaah haji ini posisinya menjalankan haji tamattu',  yaitu ibadah haji yang diawali dengan ibadah umroh. Jadi miqat makani atau tempat jamaah haji memulai berniat umroh bisa dilakukan saat di pesawat saat berada tepat di atas Ya Lamlam atau Qarnul Manazil," paparnya.

Sebab selain haji tamattu, jamaah haji juga mengenal haji ifrad dan haji Qiran. Berbeda dengan haji tamattu' , haji ifrad adalah jenis haji yang jamaahnya menjalankan ibadah haji terlebih dahulu kemudian menjalankan rangkaian ibadah umroh.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video