Gubernur Khofifah Sabet Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Sabet Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi

Editor: Siswanto
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 10 Juni 2023 17:07 WIB

PADANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur terus menorehkan prestasi dalam kiprahnya memimpin Jawa Timur. Kali ini, ia berhasil meraih penghargaan Tanda Kehormatan atas keberhasilan dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia Pertanian.

Secara khusus,  diserahkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur yang mewakili gubernur pada Kegiatan Pekan Nasional (Petani Nelayan) XVI di Lanud Sultah Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Penghargaan tersebut sangat prestisius karena ditetapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo () untuk diberikan pada insan dengan kontribusi besar pada sektor pertanian. Atas raihan itu, pun bersyukur dan mengatakan bahwa dalam memimpin Jawa Timur, pembangunan di sektor pertanian memang menjadi fokus yang terus dilakukan dengan harapan bisa mengungkit kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan hasil dari usaha kita bersama di semua lini untuk memajukan pertanian di Jawa Timur. Insya Allah, ini akan jadi motivasi baru agar ke depan kami lebih semangat dan kuat dalam memajukan kesejahteraan petani," ujarnya.

Lebih lanjut, penghargaan ini diterima bukan tanpa alasan. Pasalnya, jasa gubernur perempuan pertama Jatim itu dalam bidang pertanian sudah terangkum dalam program kerja Nawa Bhakti Satya, yakni Jatim Sejahtera dan Jatim Agro.

Tak hanya itu, berdasarkan data angka tetap BPS produksi padi Jatim merupakan yang tertinggi di Indonesia pada beberapa tahun belakang. Tahun 2020 produksi padi Jatim tercatat 9,94 juta Ton, Tahun 2021 tercatat sebesar 9,789 juta ton dan tahun 2022 tercatat sebesar 9,53 juta ton. Selain itu, menurut data BPS, kontribusi produksi padi Jawa Timur terhadap nasional pada 2022 mencapai 17 persen.

Sementara itu, perusahaan holtikultura Jawa Timur juga merupakan yang tertinggi dengan angka mencapai 55 perusahaan. Kontribusi tanaman pangan dan holtikultura Jawa Timur merupakan yang tertinggi nasional pada 2021 dan 2022.

Di mana, pada setiap komoditas seperti padi, jagung, kedelai, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, mangga, pisang, jeruk keprok/siam, mawar, anggrek pot, dan temulawak masing-masing Jawa Timur meraih peringkat pertama.

"Bahkan Nilai Tukar Petani kota saat Maret lalu mengalami kenaikan 0,41% dibandingkan Februari 2023. Ini membanggakan, karena kita tetap bisa mempertahankan NTP kita walaupun sedang panen raya," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video