Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah Blusukan ke Kandang Ternak di Lamongan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah Blusukan ke Kandang Ternak di Lamongan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 06 Juni 2023 17:41 WIB

Gubernur Khofifah saat blusukan ke kandang ternak di Lamongan jelang Idul Adha tahun ini.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Menyambut Hari Raya tahun ini, Gubernur blusukan meninjau kandang hewan kurban di Dusun Pilanggot, Desa Wonokromo, Kecamatan Tikung, , Selasa (6/6/2023).

Didampingi Bupati , Yuhronur Efendi, gubernur langsung menengok kondisi sapi-sapi di kandang milik H. Juri, termasuk mengecek secara langsung kondisi sapi terberat dengan bobot 850 kg.

Kehadiran di kandang yang memiliki 173 sapi berjenis Limousine dan Simental itu bertujuan untuk memastikan bahwa semua hewan kurban di sana sudah mendapatkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku () ataupun Lumpy Skin Disease (). 

Dengan demikian, seluruh hewan kurban baik sapi maupun kambing yang dijual pada masyarakat berkondisi sehat dan baik serta layak konsumsi. Usai peninjauan, gubernur mengatakan bahwa sampai saat ini semua hewan kurban di Jawa Timur dalam keadaan sehat dan baik, bahkan sudah sejak 3 bulan terakhir kasus juga tidak ada.

"Kita bersyukur kasus di Jatim 3 bulan terahir sesuai laporan harian Kadis Peternakan Jatim sudah zero atau nol kasus. Baik kasus aktif maupun kematian sudah nol di Jawa Timur. Ini menjadi bagian penting untuk memastikan bahwa hewan kurban baik itu sapi , kambing , domba maupun kerbau dalam keadaan sehat dan baik," terangnya.

"Begitu juga penyakit sekarang juga sudah gencar dilakukan vaksinasi untuk hewan ternak," imbuhnya.

Gubernur menegaskan, bahwa Jatim dikenal sebagai gudangnya ternak di Indonesia. Dimana, produksi ternak Jatim memberikan kontribusi sebesar 27 persen terhadap populasi nasional dan menduduki peringkat tertinggi secara nasional.

Di momen jelang ini, Gubernur juga memastikan bahwa Hewan Ternak di Jatim dalam kondisi surplus baik jenis Sapi, Kambing, Domba maupun Kerbau.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video