Petrogas Dorong Pengembangan Pelabuhan DABN Probolinggo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petrogas Dorong Pengembangan Pelabuhan DABN Probolinggo

Editor: Redaksi
Minggu, 04 Juni 2023 17:47 WIB

PT Petrogas Jatim Utama (Perseroda) saat memaparkan rencana pengembangan kawasan Pelabuhan DABN Probolinggo ke Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Jatim Utama (Perseroda) memaparkan rencana pengembangan kawasan Pelabuhan DABN sebagai program strategis nasional (PSN) di hadapan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), dengan harapan bisa segera diwujudkan.

Paparan bertema 'Percepatan PSN Pelabuhan East Java Logistic & Energy Hub oleh PJU Group' itu disampaikan Direktur PT PJU, Buyung Afrianto, di Menara KADIN Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2023).

Hal ini terkait Perpres RI No 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

"Pembangungan Dermaga III dan IV serta pengembangan komplek pergudangan di kawasan Pelabuhan DABN telah masuk Perpres No 80 Tahun 2019 dengan sumber pendanaan kerja sama pemerintah dan badan usaha," kata Buyung.

"Maka harapan kami pengembangan Pelabuhan DABN tetap dapat dimasukkan sebagai Proyek Strategis Nasional dan pelaksanaannya dapat segera diwujudkan," tuturnya menambahkan.

Hadir pada rapat Pembahasan Pendalaman Proyek untuk Business Forum Sewindu PSN, tim Program KPPIP Kemenko Perekonomian, panitia Sewindu PSN dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN). Pengembangan Pelabuhan DABN merupakan 1 dari tiga quick wins Proyek dari Jawa Timur, dua proyek lain yang dipaparkan adalah pengembangan Kawasan Industri JIIPE Gresik dan pengembangan industri garam di Sumenep.

Pelabuhan DABN adalah pelabuhan yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN), anak perusahaan PT PJU. Berjarak sekitar 108 km dari Surabaya dan sebagai alternatif pintu gerbang ekonomi untuk dan dari wilayah Indonesia bagian timur.

Memiliki kolam dan dermaga penyandaran yang terlindung secara alami oleh pulau Madura dan Gili Kangean, sehingga sepanjang tahun kondisi gelombang relatif stabil. Paling tinggi 1,5 meter di bulan-bulan tertentu, selebihnya gelombang cukup datar. Kelebihan lainnya adalah sedimentasi yang rendah dengan alur pelayaran yang cukup dalam hingga mencapai – 18 m LWS.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video