Bawaslu Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bawaslu Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 31 Mei 2023 11:25 WIB

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kediri, saat menandatangani MoU. Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bawaslu , meng pengawasan Pemilu Partisipatif, bagi pegiat kesenian dan kebudayaan yang tergabung dalam Dewan Kesenian , di Hotel Insumo Kota Kediri, Rabu (31/5/2923).

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Bawaslu dan Dewan Kesenian (DK4). Dalam MoU tersebut pada intinya adalah Dewan Kesenian dan Bawaslu siap bekerja sama dalam pengawasan pemilu dan pemilihan.

Ketua Bawaslu , Sa'idatul Umah, mengatakan, bahwa sosialisasi pengawasan partisipatif ini dimaksudkan untuk mengajak pegiat kesenian dan kebudayaan dalam pengawasan pemilu.

"Kami ingin bersinergi dengan DK4 untuk melakukan pengawasan jalannya pemilu ini. Karena demokrasi bukan menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama, termasuk para pegiat kesenian dan kebudayaan," kata dia.

Menurutnya, dalam praktek pengawasan bawaslu, tidak mencari salah peserta pemilu, tapi pengawasan yang dilakukan adalah untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu.

"Kami akan mengawasi semua proses dan tahapan pemilu yang sedang berlangsung. Jika dalam proses, bawaslu menemukan pelanggan, maka perlu dilakukan pencegahan. Bila harus dilakukan proses berikutnya, maka akan dilakukan penanganan pelanggaran," imbuhnya.

Sementara itu, Imam Mubarok, Ketua DK4, mengatakan, bahwa DK4 siap bekerja sama dengan Bawaslu guna melakukan pengawasan partisipatif .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video