Alun-Alun Kota Kediri Segera Dirombak Total | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Alun-Alun Kota Kediri Segera Dirombak Total

Editor: Sigit Endra
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 24 Mei 2023 13:44 WIB

Pusat kuliner dan oleh-oleh di utara Alun-Alun Kota Kediri ini termasuk yang akan direlokasi. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot pada akhir Mei 2023 in, akan segera merombak Alun-Alun Kota dengan wajah baru. Perombakan total tersebut dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Karena, keberadaan alun-alun tetap punya tempat tersendiri di hati masyarakat meski banyak muncul taman-taman baru.

Sebagian masyarakat Kota meminta agar supaya alun-alun dilakukan penyegaran agar tidak terlihat kumuh dan pamornya tidak kalah dengan ruang terbuka hijau (RTH) yang lain.

Menjawab hal tersebut, Pemerintah Kota rencananya akan mulai menggarap revitalisasi alun-alun yang terletak di depan Pendopo Panjalu Jayati Pemkab itu pada akhir Mei 2023 ini.

Endang Kartikasari, Kepala Dinas PUPR Kota , mengatakan pelaksanaan revitalisasi alun-alun akan dimulai pada Mei 2023 ini.

“Akhir Mei ini, Insyaallah akan segera kita mulai pembangunannya dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2023 mendatang, jadi target 7 bulan pengerjaan,” terang Endang.

Menurut dia, Pemkot menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp23.834.000.000 dari APBD untuk pengerjaan revitalisasi tersebut.

“Proyek ini secara fisik akan dilaksanakan oleh Surya Graha Utama – KSO dan diawasi oleh PT. Pilarempat Consultan,” ungkapnya lebih lanjut.

Sementara itu, fungsi awal dari sebuah alun-alun akan menjadi pegangan untuk desain wajah baru. Di mana alun-alun ini diharapkan dapat menjadi RTH untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi masyarakat di Kota .

Sedangkan, Plt. Kepala DLHKP Kota , Anang Kurniawan, menambahkan bahwa desain alun-alun nanti berupa lapangan terbuka yang luas dan berumput, dikelilingi oleh jalan yang dapat dipakai beragam kegiatan masyarakat. Hal itu sebagaimana permintaan Wali Kota , Abdullah Abu Bakar.

Sehingga, alun-alun ini nanti dapat digunakan oleh masyarakat dalam menopang segala kegiatan. Dengan memiliki halaman yang luas, memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan yang beragam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video