Tagih Utang Pajak, 90 Barang Sitaan Rp16,9 Miliar Dilelang Serentak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tagih Utang Pajak, 90 Barang Sitaan Rp16,9 Miliar Dilelang Serentak

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mustain
Selasa, 23 Mei 2023 20:28 WIB

Para pimpinan Kemenkeu Satu Jatim saat jumpa pers terkait lelang serentak. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) II beserta Kanwil DJP Jatim I, Kanwil DJP Jatim III, bersama Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jatim I, dan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jatim menggelar Lelang Serentak, Selasa (23/5/2023).

Lelang serentak tersebut digelar di Kanwil DJP Jatim III di Malang. Kegiatan melelang 90 aset milik 45 Wajib Pajak (WP) ini untuk memaksimalkan penerimaan negara, dan memastikan seluruh piutang negara bisa ditagih dengan baik dan semaksimal mungkin.

Lelang serentak melibatkan berbagai unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan () di Jawa Timur ini dikoordinasi langsung oleh Kepala Perwakilan Satu Jawa Timur, Taukhid, yang juga Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Jatim.

Lelang serentak di wilayah Jatim ini diikuti oleh lima Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungan Kanwil DJP Jatim I, 15 KPP di lingkungan Kanwil DJP Jatim II, 10 KPP di lingkungan Kanwil DJP Jatim III, dan dua Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) di lingkungan Kanwil DJBC Jatim I.

Aset yang dilelang, sebanyak 90 aset, bernilai total sebesar Rp 16,9 miliar yang berasal dari 45 WP pada 30 KPP di lingkungan Kanwil DJP Jatim I, II, dan III serta 2 KPPBC di lingkungan Kanwil DJBC Jatim I.

Kepala Perwakilan Jawa Timur Taukhid menjelaskan, aset yang dilelang terdiri dari kendaraan bermotor, tanah dan bangunan, apartemen, barang elektronik, kayu gelondongan, partisi elektronik, partisi kendaraan, generator, dan lain-lain.

"Lelang tersebut dilaksanakan secara daring melalui situs www.lelang.go.id yang dikelola oleh DJKN," ungkap Taukhid dalam keterangan tertulis kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (23/5/2023).

Ia menambahkan, lelang serentak yang dilaksanakan pada hari ini guna optimalisasi penerimaan negara dengan memastikan seluruh piutang negara bisa ditagih dengan baik dan semaksimal mungkin. "Objek yang dilelang secara daring pada kegiatan hari ini adalah aset sitaan pada triwulan I Tahun 2023,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video