Gelar Seminar Pendidikan Merdeka Belajar, UTM Tekankan Mahasiswa Mampu Berdaya Saing Global | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gelar Seminar Pendidikan Merdeka Belajar, UTM Tekankan Mahasiswa Mampu Berdaya Saing Global

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muzammil
Selasa, 23 Mei 2023 14:29 WIB

Seminar Pendidikan Merdeka Belajar yang digelar Universitas Trunojoyo Madura.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Diikuti ratusan peserta, Universitas Trunojoyo Madura () menggelar seminar pendidikan bertajuk 'Merdeka Belajar Solusi Menjawab Problematika Pendidikan dan Tantangan Perkembangan Global', Selasa (23/5/2023).

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan , Hani'ah, menyampaikan konsep yang diusung oleh Menteri Pendidikan melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang fokus untuk menciptakan lulusan yang mandiri dan dapat bersaing dengan tantangan global.

"Tujuan MBKM untuk mempersiapkan sarjana yang siap berdaya saing tinggi serta dapat bekerja di perusahaan yang di dapat dari output dari magang baik di dunia industri yang disiapkan oleh Mentri," ujarnya.

Menurut dia, meskipun sempat terjadi pro-kontra terkait penerapan MBKM, namun konsep merdeka belajar yang memberi keleluasaan untuk mahasiswa dalam mengekspresikan keilmuannya itu selaras dengan konsep yang diusung oleh Ki hadjar Dewantara.

"Konsep yang diusung oleh Mentri pendidikan mempersiapkan peserta didik agar siap bekerja sedangkan kalau Kihawajar Dewantara menekankan untuk memiliki kemandirian untuk memberi bekal bagi mahasiswa untuk hidup dan berdaya saing," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video