Warga Karanganyar Probolinggo Gelar Petik Laut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Karanganyar Probolinggo Gelar Petik Laut

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Andi Sirajudin
Senin, 22 Mei 2023 20:07 WIB

Giat Petik Laut yang digelar warga Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Perairan laut di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten , dipadati ribuan masyarakat lokal dan daerah tetangga pada Senin (22/5/2023). Mereka datang ke acara 'Petik Laut' yang digelar masyarakat dan Pemerintah Desa Karanganyar.

Menariknya, tradisi leluhur larung jitek ke tengah laut atau yang biasa disebut kapal mini itu sebelumnya telah dihiasi pernak-pernik kapal lengkap dengan isi didalamnya 1.000 macam sesembahan larung sesajen seperti kepala sapi, ayam, segala macam bumbur dapur lengkap, buah-buahan lengkap dan pakaian pria dan wanita lengkap, emas, kain kafan, dan segala macam kue.

Acara petik laut yang identik dengan ritual selamatan desa ini rutin diadakan setiap tahun, tepatnya pada di antara Bulan Mei-nya. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Karanganyar kepada Allah SWT atas segala kelimpahan rejeki dan rasa aman.

Untuk menambah semarak suasana, Pemerintah Desa Karanganyar juga mengadakan lomba perahu hias, lomba tarik tambang, pukul kendi, lari karung dan arak-arakan jitek dari Pantai Karanganom ke Balai Desa bersama Kades setempat.

Semua ini adalah dalam rangka meningkatkan solidaritas masyarakat dan kelestarian lingkungan sebagai penunjang desa wisata yang saat ini digagas Pemerintah Desa Karanganyar sekaligus mengenalkan Pantai Karanganyar yang cukup elok dan eksotis panoramanya.

“Petik Laut merupakan budaya peninggalan nenek moyang kami dan akan terus kami pertahankan, karena ada nilai-nilai luhur yang terkandung yakni kerukunan dan keguyuban masyarakat. Sebab semua bersatu padu menyiapkan segala sesuatunya,” kata Kepala Desa Karanganyar, Mahfud.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video