Gubernur Khofifah Tinjau Inovasi Pertanian di Ngawi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Tinjau Inovasi Pertanian di Ngawi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Zainal Abidin
Rabu, 10 Mei 2023 17:20 WIB

Gubernur Khofifah saat meninjau inovasi pertanian di Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Gubernur meninjau inovasi pertanian di yang dikembangkan para petani dari Dusun Nglencong Desa Dempel, Kecamatan Geneng, yang tergabung dalam Poktan Sari III.

Ia menuturkan, peninjauan ini penting untuk mewujudkan visi Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional. Sebab, termasuk dalam jajaran daerah tertinggi penghasil padi secara nasional.

" ini luas area tanamnya sekitar 50.000 hektare dengan indeks tanam 2,8. Jadi rata-rata luas tanah per tahun adalah 140.000 hektare. Produksi padinya juga mencapai 520.000 ton per tahun," ujarnya, Rabu (10/5/2023).

"Pertanian mereka sudah maju dan banyak inovasi khusysnya dalam penggunaan pupuk organik dan dalam menjaga daya dukung alam. Makanya ini kita kuatkan di sini sebagai lumbung pangan nasional. Karena memang daerah dengan produktivitas padi tertinggi nasional tahun 2022," paparnya menambahkan.

Saat itu, melihat alsintan yang digunakan para petani setempat. Antara lain traktor roda 2, traktor roda 4, transplanter alat tanam, perontok padi mobil, dan Combine Harvester serta vertical dryer dan Rice milling unit (RMU).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video