KTT ASEAN 2023 Dibuka, Jokowi Ingatkan Rivalitas Antarnegara ASEAN Semakin Tajam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KTT ASEAN 2023 Dibuka, Jokowi Ingatkan Rivalitas Antarnegara ASEAN Semakin Tajam

Editor: Annisa'a Ambarnis
Rabu, 10 Mei 2023 13:39 WIB

KTT ASEAN 2023 Dibuka, Jokowi Ingatkan Rivalitas Antarnegara ASEAN Semakin Tajam. Foto: Ist

LABUAN BAJO, BANGSAONLINE.com - (Jokowi) mengingatkan bahwa rivalitas negara-negara ASEAN akan persaingan antarnegara semakin tajam.

Kondisi tersebut akan semakin memanas ditengah perekonomian global yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19.

"Saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih. Rivalitas semakin tajam. Dinamika dunia semakin tidak terprediksi", ujar Presiden Jokowi pada saat membuka KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Maka dari itu, negara-negara ASEAN tidak boleh hanya menjadi penonton. Tiap negara harus menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan ekonomi. Presiden Jokowi mengatakan bahwa kuncinya satu yakni ASEAN terus bersatu.

Pasalnya, ASEAN mempunyai aset yang kuat sebagai pusat pertumbuhan. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang mampu tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga.

"Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan", ujar Presiden Jokowi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video