Bawaslu Nganjuk Gelar Peningkatan SDM PKD Tahap III | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bawaslu Nganjuk Gelar Peningkatan SDM PKD Tahap III

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Selasa, 09 Mei 2023 19:22 WIB

Ketua Bawaslu Nganjuk, Abdul Aziz, saat memberi arahan kepada para peserta dari PKD. Foto: BAMBANG DWI JULIANTO/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - menggelar peningkatan SDM (sumber daya manusia) bagi pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD), Selasa (9/5/2023). Ketua , Abdul Aziz, bersama anggotanya, Abdul Syukur, membuka agenda yang diikuti 340 peserta itu.

"Pada tahapan pemilu yang saat ini sedang berlangsung, para PKD diharapkan proaktif dalam menyikapi permasalahan agar tidak sampai menjadikan permasalahan di kemudian hari. Seperti saat ini, pada tahapan pendaftaran pencalegan, pengawas desa harus bisa memposisikan dirinya selaku pengawas di tingkat desa," urai Aziz.

Abdul menambahkan, meskipun daerah asal pendaftaran caleg ada di tingkat kabupaten, fungsi pengawasan di tingkat desa harus tetap ada. Mereka diminta untuk melaporkan segala sesuatunya jika mengetahui atau mendapat laporan dari masyarakat terkait pelanggaran pemilu.

"Pastinya akan komplek sekali munculnya pelanggaran di desa-desa, maka pembekalan inilah sebagai dasar untuk mereka melakukan pengawasan," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, caleg itu berasal dari desa dan tidak menuntut kemungkinan akan memulainya juga dari desa, yang perlu diantisipasi terkait berbagai macam persyaratan dari bakal calon, misalkan calon masih aktif PNS, masih aktif sebagi kepala desa, bahkan jika ada yang pernah tersandung kasus hukum. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video