Khofifah Ajak Forkopimda Siapkan Action Plan Cegah Kriminalitas Bermotif Ekonomi Jelang Lebaran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Khofifah Ajak Forkopimda Siapkan Action Plan Cegah Kriminalitas Bermotif Ekonomi Jelang Lebaran

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Rabu, 12 April 2023 15:23 WIB

Gubernur Jatim Khofifah saat memipin rapat koordinasi bersama Forkopimda Jawa Timur serta bupati/wali kota di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menggelar rapat koordinasi bersama jajaran Forkopimda Jawa Timur serta bupati/wali kota se-Jatim di , Selasa (11/4).

Pertemuan tersebut dilakukan untuk menguatkan komitmen bersama forkopimda dalam menjaga stabilitas keamanan di Jatim, khususnya pada masa rentan potensi kenaikan tingkat kriminalitas jelang Hari Raya Idul Fitri.

Gubernur mengatakan, potensi kriminalitas bermotif ekonomi cenderung meningkat jelang momentum Idul Fitri. Seperti judi dan pencurian motor (curanmor).

Tak hanya itu, juga mengajak jajaran forkopimda provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan perhatiannya terhadap potensi paparan paham esktremisme, radikalisme, dan intoleransi di masyarakat.

Karena itu, orang nomor satu di Jatim ini mengajak segenap jajaran Forkopimda Jatim dan kabupaten/kota untuk bersama menyiapkan detailed plan dan action plan untuk mengantisilasi ancaman stabilitas keamanan di Jatim.

"Silaturahmi ini adalah momen bagi kita untuk memahami kondisi riil di lapangan. Saya rasa ini akan menjadi bagian penting supaya masing-masing dari kita menyiapkan detailed plan dan action plan yang terukur supaya Jatim tetap ayem tentrem guyub rukun," ungkapnya.

Mantan Menteri Sosial itu pun menyoroti potensi yang mungkin mengganggu ketertiban masyarakat. Mulai dari paham-paham ekstrem hingga bentuk kriminalitas sekecil apa pun.

"Di sini kita membahas hal-hal yang bisa kita mitigasi dan waspadai bersama dengan antisipasi di masing-masing daerah. Semoga Allah memberikan suasana aman dan keselamatan bagi kita bersama, bagi Indonesia, dan bagi Jawa Timur khususnya," sebut .

Tak hanya itu, Gubernur juga mengajak jajaran Forkopimda Jatim untuk bersama mendoakan keamanan Bumi Majapahit di malam-malam ganjil Bulan Ramadhan. Secara khusus, ia mengajak untuk turut serta dalam iktikaf bersama pada 21 Ramadhan 1444H atau 11 April 2023 di atas KRI 591.

"Malam ini insyaAllah kita akan masuk pada 21 Ramadhan dan di malam-malam ganjil kita dianjurkan untuk melakukan iktikaf. Kita akan berlayar mengejar lailatul qodar. Ada doa yang kita akan bermunajat bersama di KRI 591 sambil berlayar," ajaknya.

Tak lupa, gubernur perempuan pertama Jatim ini menyampaikan terima kasihnya kepada Forkopimda Jatim, perguruan silat, rekan-rekan media, serta organisasi keagamaan yang selama ini turut serta dalam menjaga moderasi dan keamanan NKRI.

"Seluruh Forkopimda, kelompok perguruan silat, kawan-kawan media, dan organisasi agama, terima kasih atas komitmen bersama dan sinerginya selama ini," ucap .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video