Di Pasar Legi Ponorogo, Gubernur Khofifah Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Jelang Lebaran Tercukupi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Pasar Legi Ponorogo, Gubernur Khofifah Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Jelang Lebaran Tercukupi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Selasa, 04 April 2023 17:03 WIB

Gubernur Khofifah saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Legi Ponorogo.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur terus melakukan peninjauan ketersediaan, serta mengecek harga bahan pokok di Jawa Timur. Kali ini, ia berada di Pasar Legi setelah sebelumnya di Kabupaten Mojokerto dan Pamekasan.

memastikan bahwa peninjauan pasar yang telah dilakukan diberbagai daerah di Jatim ini merupakan upaya untuk mendapatkan konfirmasi kaitan ketersediaan bahan pokok jelang cuti bersama dan Hari Raya Idul Fitrri 1444 H.

“Kita ingin betul-betul memastikan bahwa stok dan ketersediaan bahan pokok di Jatim aman dan juga lancar distribusinya serta harganya terkendali,” ujarnya didampingi Bupati beserta wakilnya, Selasa (4/4/2023).

Kepada awak media, gubernur menyatakan harga beras medium masih dalam kondisi stabil di harga Rp10.400,00. Kemudian untuk beras premium, ia menyampaikan bahwa harga kisarannya masih dalam range HET (Harga Eceran Tertinggi).

“Rata-rata harganya Rp12 ribu. Ini masih normal bahkan dibawah HET untuk beras premium,” tuturnya.

Mantan Menteri Sosial ini juga menyampaikan bahwa untuk harga daging, telur, cabai rawit dan cabai keriting, serta bawang-bawang secara keseluruhan dalam pantauan harga normal.

“Harga daging saat ini Rp120 ribu, kemudian telur pada kisaran Rp26 ribu per kg. Untuk cabai rawit dan keriting berada di harga Rp27-28 ribu per kg. Jadi mudah-mudahan semua masyarakat bisa menjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat menjelang lebaran dan masyarakat bisa bersukacita bahagia karena bisa memenuhi berbagai kebutuhan dalam rangka menyambut Idul Fitri dan juga cuti bersama lebaran nanti,” paparnya.

Secara khusus, dirinya juga menyampaikan bahwa Bupati memiliki tugas penting untuk memonitor dan bisa menjaga stabilitas harga agar tetap terjangkau masyarakat.

“Terlebih saya khususkan untuk ketersediaan stok minyakita yang saat ini kosong di Pasar Legi. Karena, untuk saat ini harga minyakita yang masih dalam kondisi normal yakni Rp14 ribu per liter,” tuturnya.

Dalam kunjungannya di Pasar Legi kali ini, Ia juga turut menemukan bahwa toko yang mendapat kuota minyakita harus membeli stok bahan lainnya. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan minyak kita disiapkan dengan standart HET 14.000 per liter agar terjangkau. Jangan ada syarat tambahan dari distributor sehingga memberatkan sekaligus menyulitkan penjual.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video