Waspada Penyakit Leptospirosis di Musim Hujan, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Terapkan PHBS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waspada Penyakit Leptospirosis di Musim Hujan, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Terapkan PHBS

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Senin, 06 Maret 2023 17:11 WIB

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau bencana banjir, belum lama ini.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selain flu dan demam berdarah, Gubernur Indar Parawansa mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai penyakit leptospirosis di ini.

Sebab, berdasarkan data Dinkes Jatim, sudah ada 249 kasus penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut hingga 5 Maret ini. Sementara di tahun 2022 lalu, ada 606 kasus leptospirosis.

Diketahui, gejala leptospirosi mirip DBD. Hanya saja, leptospirosis tidak disebabkan oleh virus. Karena itu, Gubernur meminta masyarakat waspada dan terus menjaga kebersihan.

" bisa ditemukan setiap waktu, tapi kemungkinannya meningkat saat ," ujar gubernur perempuan pertama di itu di Gedung Negara Grahadi, Senin (6/3/23).

Menurut, kebersihan merupakan hal yang penting untuk mencegah leptospirosis. Sebab, penyakit ini menyebar melalui urine hewan yang terinfeksi bakteri tersebut, di antaranya tikus, babi, sapi, dan sejumlah hewan lainnya. Bakteri itu bisa menyebar di lingkungan yang terdapat genangan air dan kontak dengan kulit yang luka/mukosa.

Yang perlu diwaspadai, hewan yang terjangkit bakteri ini tidak akan mati, justru manusia yang terinfeksi leptospira bisa meninggal dunia.

Adapun dari 249 kasus leptospirosis di Jatim, Kabupaten Pacitan menjadi yang terbanyak dengan jumlah 204 kasus, 6 di antaranya meninggal dunia. Selanjutnya 3 kasus di Kabupaten Probolinggo dengan jumlah kematian 2 orang, 3 kasus di Kabupaten Gresik, 8 kasus di Kabupaten Lumajang, 5 kasus di Kota Probolinggo dengan jumlah kematian 1 orang, 22 kasus di Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Tulungagung 4 kasus.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video