Tiga Terdakwa Tragedi Kanjuruhan Dituntut 3 Tahun Penjara, Penasihat Hukum: Harusnya Bebas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tiga Terdakwa Tragedi Kanjuruhan Dituntut 3 Tahun Penjara, Penasihat Hukum: Harusnya Bebas

Editor: Siswanto
Wartawan: Rusmiyanto
Jumat, 24 Februari 2023 21:29 WIB

Persidangan tragedi Kanjuruhan yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tragedi Kanjuruhan menempati urutan kedua dalam sejarah pertandingan sepak bola yang paling mematikan di dunia. Hal tersebut, lantaran 135 nyawa melayang dan 24 orang mengalami luka berat dalam peristiwa itu.

Dari sederet fakta yang terungkap dalam persidangan, salah satu penyebab ratusan nyawa melayang itu, akibat polisi berulang kali menembakkan gas air mata ke arah tribun.

Tiga polisi menjadi terdakwa dalam tragedi tersebut, diantaranya AKP Bambang Sidik Achmadi selaku Kasat Samapta Polres , AKP Hans Darmawan Selaku Danki 3 Polda Jatim, dan Kompol Wahyu Setyo Pranoto selaku Kabag Ops Polres .

Ketiga polisi itulah yang memberikan perintah kepada anggota Samapta dan untuk menembakkan air mata.

Para jaksa yang menangani kasus tersebut, ternyata hanya menuntut dengan hukuman 3 tahun penjara dalam persidangan yang digelar pada Kamis, (23/2/2023). Mereka, dijerat dengan pasal kelalaian.

Jika dibandingkan dengan dengan terdakwa Abdul Haris, selaku Ketua Panpel Arema FC dan Suko Sutrisno sebagai Security Officer, nasib ketiga anggota tersebut mendapatkan tuntutan lebih ringan. Sementara, Abdul Haris dan Suko Sutrisno dituntut 6 tahun 8 bulan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video