Tuntut Dipekerjakan di Smelter Freeport, Ratusan Warga Karangrejo Gresik Ngeluruk Balai Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tuntut Dipekerjakan di Smelter Freeport, Ratusan Warga Karangrejo Gresik Ngeluruk Balai Desa

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Senin, 20 Februari 2023 17:09 WIB

Ratusan warga Desa Karangrejo, Kecamatan Manyar, saat mendatangi balai desa. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga , Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, ngeluruk balai desa setempat, Senin (19/2/2023).

Kedatangan mereka untuk menuntut dipekerjakan di Indonesia (PT FI) yang berada di Java Integrated Industrial Ports and Estate () Kecamatan Manyar.

Mereka juga mendesak adanya transparansi pengelolaan limbah bekas konstruksi proyek yang diterima oleh desa melalui badan usaha milik desa (BUMDes). Di antaranya berupa limbah besi yang dijual. 

Warga yang didominasi pemuda desa dan ibu-ibu tersebut juga mempertanyakan adanya dugaan pungutan liar (pungli) dalam proses perekrutan tenaga kerja di proyek Indonesia.

"Kami datang ke balai desa ingin meminta kejelasan adanya biaya dalam perekrutan tenaga kerja, khususnya lowongan kerja satpam. Ada yang kena biaya Rp8 juta sampai Rp21 juta dengan dalih pelatihan satpam," ucap Robi Binur, perwakilan pemuda.

Menurutnya, warga Karangrejo resah dengan ulah seorang oknum yang diduga melakukan penarikan biaya kepada setiap warga yang melamar kerja di Smelter.

Ironisnya, oknum yang menarik biaya tersebut tak lain warga setempat. Tak tanggung-tanggung, biaya yang dipatok bagi warga yang melamar kerja ke smelter mencapai puluhan juta rupiah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video