5 Aksi Simpatik Bonek Mania yang Bikin Haru | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Aksi Simpatik Bonek Mania yang Bikin Haru

Editor: Sigit
Sabtu, 18 Februari 2023 19:43 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Siapa yang tidak kenal Mania? Ya, salah satu kelompok suporter di Indonesia ini terkenal militan dalam mendukung klub kebanggaan Surabaya. Mereka tak kenal lelah untuk mendukung tim kesayangannya dimanapun berlaga. Berbagai stigma negatif kerap ditujukan kepada suporter yang memiliki jargon “WANI” tersebut.

Namun dibalik aksi yang seringkali membuat orang cemas, Mania ternyata memiliki sisi kemanusiaan tinggi yang membuat kita angkat topi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 aksi simpatik Mania yang bikin terharu.

1. Panti Asuhan

Aksi simpatik pertama yang dilakukan Mania yakni membangun panti asuhan di Sidoarjo pada 2018.

Satu diantara alasan pembangunan yang dilakukan suporter Bajul Ijo ialah karena sering melakukan kegiatan di panti asuhan. Bahkan salah satu komunitas suporter yang memprakarsai pembangunan tersebut kerap dijuluki Sobo Panti.

Berbagai kegiatan sosial juga pernah dilakukan di antaranya, bagi-bagi takjil dan buka bersama dengan yatim-piatu. Panti asuhan berlokasi di Jalan Sumur Sagi, Cemeng Bakalan, Sidoarjo.

2. Galang Donasi a buat Penyandang Kanker

Laga antara Surabaya vs Tira Persikabo pada ajang Piala Presiden 2019, Jumat (29/3/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, diwarnai hujan boneka yang menjadi aksi simpatik suporter Green Force selanjutnya.

Ribuan boneka yang dilempar ke dalam lapangan terjadi saat rehat babak pertama. Berbagai macam rupa boneka memenuhi pinggir lapangan Stadion GBT di semua penjuru tribun.

Tindakan itu merupakan cara suporter berseragam hijau tersebut untuk berbagi kebahagiaan. Semua boneka yang terkumpul akan disumbangkan kepada anak-anak pengidap kanker.

Dua maskot , Jojo dan Zoro, menjadi inisiatif aksi terpuji yang dilakukan suporter. Mereka terinspirasi dari aksi serupa yang dilakukan oleh pendukung Real Betis saat klubnya menghadapi Eibar dalam Liga Spanyol musim 2019-2020.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video