Tingkatkan Produktivitas Pertanian di NTB, Petrokimia Gresik Gandeng Distan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Produktivitas Pertanian di NTB, Petrokimia Gresik Gandeng Distan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Minggu, 12 Februari 2023 14:14 WIB

DOP Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih, saat mengikuti panen raya. Foto: Ist

LOMBOK TENGAH, BANGSAONLINE.com - Petrokimia , perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia mendorong peningkatan produktivitas pertanian di Nusa Tenggata Barat (NTB) melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Inspirasi. 

Program ini ditandai dengan panen raya padi 'Phonska Plus Bersama Petani' di lahan budidaya pilot project PPL Inspirasi di Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Tengah, NTB. Direktur Operasi dan Produksi (DOP) Petrokimia , Digna Jatiningsih, memastikan hal tersebut.

"PPL Inspirasi merupakan program promosi komprehensif dari Petrokimia yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian setempat. Ini menjadi wujud komitmen perusahaan dalam mendorong kesejahteraan petani dan menjaga ketahanan pangan nasional melalui peningkatan produktivitas pertanian, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (12/2/2023).

PPL Inspirasi merupakan key farmer bagi petani di masing-masing wilayah kerjanya, dan mereka bertugas memberikan sosialisasi pemupukan berimbang dan kawalan budidaya pada lahan demonstration plot (demplot). Di NTB, PPL Inspirasi menyasar subsektor pangan dan hortikultura mulai dari tanaman padi, jagung dan semangka.

Ada sebanyak 43 PPL Inspirasi yang telah dilatih oleh Petrokimia dan tersebar di 4 kabupaten yang ada di NTB, yaitu Timur, Tengah, Sumbawa, dan Bima. Di lapangan, PPL Inspirasi ini juga akan berkolaborasi dengan tenaga agronomi Petrokimia melalui layanan Mobil Uji Tanah.

Dari sana, kata Digna, petani dapat mengetahui kandungan tanah di lahannya secara langsung. Mereka juga memperoleh rekomendasi pemupukan yang tepat, dan berimbang sesuai kondisi tanah serta kebutuhan tanaman.

"Ketika pemupukan presisi, maka pemupukan akan menjadi efisien dengan hasil yang optimal untuk peningkatan hasil panen. Layanan Mobil Uji Tanah ini gratis," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video