Eksotik, Jadi Lokasi Syuting James Bond, hingga Masjid Hassan II Terbesar ke-7 Dunia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Eksotik, Jadi Lokasi Syuting James Bond, hingga Masjid Hassan II Terbesar ke-7 Dunia

Editor: M Mas'ud Adnan
Selasa, 31 Januari 2023 18:08 WIB

Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko. Foto: trivadvisor.co.id

CASABLANCA, BANGSAONLINE.com – Selama lima hari berkunjung ke Maroko banyak sekali pengalaman mengesankan. Negara Islam berpenduduk sekitar 38 juta jiwa itu sangat modern, maju dan bersih. Jalan-jalan raya sangat lebar. Begitu juga trotoar dari median jalan dibangun sangat lebar sehingga para pejalan kaki sangat nyaman. Apalagi dilengkapi air mancur dan kursi-kursi kokoh di setiap tempat.

Menurut saya, kebersihan kota-kota di Maroko jauh mengalahkan Singapura yang jumlah penduduknya lebih sedikit: sekitar 5, 6 juta jiwa.

Bahkan kota-kota di Maroko bukan saja bersih tapi juga indah. Terutama karena kehadiran Samudra Atlantik yang membentang dari benua Amerika, Eropa dan Afrika. Samudra Atlantik adalah Samudra terluas kedua setelah Samudra Pasifik. Maroko termasuk benua Afrika.

Banyak bangunan megah berdiri di tepi Samudra Atlantik. Diantaranya Masjid Hassan II. Masjid megah berarsitektur modern ini dibangun pada 1993 dengan arsitek Prancis Michel Pinseau. Masjid ini populer sebagai masjid terbesar kedua di benua Afrika. Untuk tingkat dunia terbesar ke-tujuh.

(Jalan raya di Maroko tampak sangat bersih dan lancar. Ini foto di jalan raya sekitar benteng Kasbah des Oudaias Maroko. Foto: M Mas'ud Adnan/bangsaonline.com)

Memang bangunan masjid ini sangat besar. Begitu juga kapasitasnya. Bisa menampung 105 ribu orang untuk salat jemaah. Di dalam masajid 25.000 orang. Sedang di luar masjid 80 ribu orang atau jemaah.

Masjid ini menjadi kebanggaan warga Maroko. Masjid Hassan II terletak di tepi laut di Casablanca, kota terbesar di Maroko. Casablanka (dalam bahasa Spanyol) artinya Rumah Putih. Dalam bahasa Arab disebut Dar al-Bayd yang juga berarti Rumah Putih.

Kenapa disebut rumah putih. Karena semua rumah dicat putih, terutama kalau dilihat dari udara.

Masjid Hassan II sangat megah dan tentu saja indah, apalagi berdiri gagah di pinggir Samudra Atlantik. Saya sempat datang ke masjid ini mengikuti Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan rombongan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video