Toleransi Tinggi Kerajaan Islam Maroko, Mengangkat Penasehat Tokoh Yahudi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Toleransi Tinggi Kerajaan Islam Maroko, Mengangkat Penasehat Tokoh Yahudi

Editor: M Mas'ud Adnan
Senin, 30 Januari 2023 20:04 WIB

Perkampungan Yahudi di dalam benteng Kasbah des Oudaias, Maroko. Foto: M Mas'ud Adnan/BANGSAONLINE.com

RABAT, BANGSAONLINE.com – Benteng Kasbah des Oudaias sangat populer. Benteng ini terletak di Rabat, Ibu Kota Maroko. Hingga sekarang bangunan benteng ini berdiri kokoh. Lengkap dengan pintu gerbangnya yang gagah dan kuat.

Yang menakjubkan, benteng ini menghadap ke samudera Atlantik. Otomatis berada di kawasan pesisir yang indah.

Bukan hanya itu. Di balik benteng ini ada perkampungan Yahudi. “Tapi banyak orang Yahudi yang sudah menjual rumahnya kepada orang Prancsis dan warga Maroko,” tutur Muhammad, petugas sebuah travel.

Kemana mereka? “Mereka sekarang tinggal di Israel,” kata Muhammad. Di Maroko kini tinggal sedikit, terutama di kawasan benteng ini. “Orang Yahudi sekarang tinggal di bagian dalam kampung, tidak di pinggir jalan, ” tambahnya.

Di tengah perkampungan itu memang ada jalan - atau lebih tepatnya gang - membentang dari pintu gerbang Kasbah tembus ke pantai samudra Atlantik. Panjang jalan itu sekitar 700 atau 800 meter. Di kanan kiri jalan itu banyak orang berjualan macam-macam produk, termasuk souvenir dan makanan serta minuman. Juga ada kafe dan toko buku.

CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE, M Mas’ud Adnan, sempat mencermati beberapa bangunan di sepanjang jalan yang penuh orang lalu lalang itu. Ternyata di situ ada masjid, tapi pintunya tertutup rapat. Di dekat pintu itu ada tulisan, diantaranya, berbahasa Inggris: Hanya orang Muslim yang boleh masuk.

(Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, dan istri tercintanya, Nyai Hj Alif Fadhilah di pantai Samudra Atlantik di Benteng Kasbah des Oudaias, Rabat, Maroko. Foto: M Mas'ud Adnan/BANGSAONLINE.com) 

Seperti diberitakan BANGSAONLINE, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, berkunjung ke Maroko, seusai umrah dan berkunjung ke Mesir. Kiai Asep didampingi istrinya, Nyai Hj Alif Fadhilah dan putranya, Gus Ilyas, yang kuliah di Universitas Qadhi Iyyadh Maroko.

Kiai Asep juga didampingi Dr KH Mauhibur Rokhman (Gus Muhib), Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC), Dr Eng Fadly Usman, Wakil Rektor IKHAC dan M Mas’ud Adnan, CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com serta para mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Maroko, termasuk alumni Amanatul Ummah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video