Hutan Sosial Jatim Terluas di Jawa, Khofifah: Lahirkan 765 Start Up KUPS, 2 Akses Pasar Ekspor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hutan Sosial Jatim Terluas di Jawa, Khofifah: Lahirkan 765 Start Up KUPS, 2 Akses Pasar Ekspor

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afrianti
Jumat, 20 Januari 2023 15:19 WIB

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Luasan di mencapai 176.149,68 hektare di tahun 2022. Hutan sosial Jatim ini menjadi yang terluas di Pulau Jawa dengan sebaran di 18 kabupaten dan 1 kota.

Gubernur , Indar Parawansa, menegaskan kebijakan adalah wujud komitmen Pemerintah Provinsi dalam memaksimalkan potensi hutan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Karena, lewat kebijakan , masyarakat sekitar hutan diberikan legalitas dan akses untuk memanfaatkan kawasan hutan. Dengan kebijakan ini, ditegaskan , ada dua hal yang didapatkan. Masyarakat dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat, dan di sisi lain juga dapat berkontribusi positif bagi kelestarian fungsi sumber daya hutan.

"Hutan sosial terus kita maksimalkan. Karena dengan , masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang terdapat dalam kawasan hutan seperti hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu, maupun memanfaatkan jasa lingkungannya," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial ini menyebutkan bahwa capaian di yang tembus 176.149,68 hektare tersebut sebagai yang mendominasi di Pulau Jawa dengan persentase mencapai 53,15%.

Sedangkan Jawa Tengah sebesar 27,28%, Jawa Barat sebesar 11,71%, Banten sebesar 7,39%, dan D.I. Yogyakarta sebesar 0,47%.

“Di SK Perhutanan Sosial yang telah terbit sebanyak 347 unit SK atau 53,38% dari total capaian di Pulau Jawa,” tegas Gubernur .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video