Belasan Aktivis PORTAL Minta DPRD Kabupaten Pasuraun Sidak Tambang Ilegal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Belasan Aktivis PORTAL Minta DPRD Kabupaten Pasuraun Sidak Tambang Ilegal

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Senin, 16 Januari 2023 21:13 WIB

Belasan aktivis yang tergabung dalam PORTAL saat audiensi dengan dewan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Belasan aktivis di Kabupaten Pasuruan yang tergabung dalam persatuan organisasi rakyat untuk transparansi dan advokasi lingkungan (PORTAL) mendatangani Gedung DPRD, Senin (16/1/2023).

Mereka menggelar audiensi terkait kerusakan lingkungan dan infrastruktur jalan akibat aktivitas tambang ilegal maupun legal di Kabupaten Pasuruan yang jumlahnya mencapai puluhan dan tersebar di beberapa kecamatan.

Dalam audiensi, mereka ditemui langsung oleh Ketua DPRD M. Sudiono Fauzan, ketua komisi III, serta beberapa anggota dewan lainnya. Dalam pertemuan tersebut, para aktivis menuntut dewan berani mengambil sikap tegas sesuai tupoksinya atas kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari aktivitas tambang yang selama ini terkesan ada pembiaran.

"Banyak jalan-jalan rusak akibat dilalui kendaraan yang bukan kelas jalan. Ini tidak seimbang dengan penerimaan PAD yang didapat," cetus Ketua PORTAL, Lujeng Sudharto.

Dalam kesempatan itu, Lujeng juga mengungkapkan tambang di wilayah Umbulan yang notabene tidak boleh dilakukan eksplorasi, namun sampai hari ini masih beraktivitas.

"Jika ini dibiarkan dan tidak ada tindakan tegas dari pemerintah maupun DPRD, maka akan menimbulkan kerusakan ekosistem yang masif. Pemkab bisa jadi tidak berani menindak tegas lantaran ada konflik kepentingan. Hanya ada satu tambang legal yang sudah ditindak dan proses hukum, lainnya kan masih belum," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video