Pasang Police Line, Polres Gresik Sita Upal Ratusan Juta dari Rumah Dukun Pengganda Uang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pasang Police Line, Polres Gresik Sita Upal Ratusan Juta dari Rumah Dukun Pengganda Uang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kamis, 12 Januari 2023 10:15 WIB

Tim Unit Pidek Satreskrim Polres Gresik saat memasang police line dan menyita uang palsu di rumah pelaku dukun gadungan pengganda uang. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres memasang garis polisi di rumah kontrakan yang ditempati dukun pengganda uang palsu (upal) di Perumahan (Perum) Grand Verona Regency Bunder Blok F7/16, , Kecamatan Cerme, Rabu (11/1/2023) malam.

Penyegelan dilakukan oleh Tim Unit Pidana Tertentu (Pidek) Satreskrim Polres untuk menyeterilkan dan mengamankan tempat kejadian perkara (TKP) agar tak rusak, serta mencegah hilangnya barang bukti (BB).

Dalam penyegelan itu, polisi juga menyita uang palsu senilai ratusan juta yang digunakan oleh pelaku untuk praktik perdukunan . BB itu disita dari kamar, laci di ruang tamu, dan sejumlah ruang rumah yang dikontrak oleh MY (49).

Kanit Pidek Satreskrim Polres , Ipda Luthfi Hadi, mengungkapkan terbongkarnya praktik dukun pengganda uang itu bermula dari laporan salah satu korban.

Korban awalnya mendapatkan informasi kalau MY bisa menggandakan uang dari modal jutaan rupiah hingga menjadi puluhan juta. Bahkan dari ratusan juta bisa menjadi milaran rupiah. Korban lalu tergiur.

Korban awalnya menyerahkan uang asli Rp65 juta kepada pelaku untuk digandakan. Lalu, korban menyetor uang lagi menjadi Rp550 juta. Oleh pelaku, uang korban digandakan menjadi Rp3,9 miliar.

Ternyata, uang yang diterima korban banyak yang palsu, yakni berupa uang mainan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video