Pimpin Rakor Bersama Forkopimda dan TPID, Bupati Jember Dapat Banyak Masukan Penanganan Inflasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pimpin Rakor Bersama Forkopimda dan TPID, Bupati Jember Dapat Banyak Masukan Penanganan Inflasi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Rabu, 11 Januari 2023 21:21 WIB

JEMBER, BANGSAONLINE.com - memimpin langsung rapat koordinasi (rakor) bersama forkopimda dan tim pengendali inflasi daerah (TPID), Rabu (11/1/2023). Suasana rakor yang membahas penanganan inflasi daerah ini berbeda dari biasanya, karena digelar di sebuah lapangan bulu tangkis.

Sebelum rapat dimulai, forkopimda dan TPID melakukan olahraga bersama terlebih dahulu. Kemudian sarapan bersama, dan dilanjut dengan agenda rapat.

Dalam rakor tersebut, Kepala BPS Jember Tri Erwandi menyampaikan sejumlah saran untuk menangani inflasi. Di antaranya, pemerintah daerah harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas angka inflasi. Sehingga masyarakat tetap memiliki ketahanan.

"Tetapi faktanya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jember sebesar 4 persen, sedangkan angka inflasi 7,3 persen year on year (indeks perhitungan tahunan)," ungkapnya berdasar data yang telah didapat.

Menurut Tri, kebutuhan pokok masyarakat adalah komponen yang beberapa kali menjadi penyumbang inflasi, utamanya komoditas beras.

Menyikapi data tersebut, Kepala Perum Bulog Cabang Jember, Achmad Mustari, mengakui adanya kenaikan harga beras. Menurutnya, hal itu disebabkan pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 ini tidak ada panen raya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video