Politikus PKB ini Sebut Sistem Proporsional Tertutup untuk Pemilu 2024 Resahkan Pendatang Baru | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Politikus PKB ini Sebut Sistem Proporsional Tertutup untuk Pemilu 2024 Resahkan Pendatang Baru

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Ahmad Fuad
Senin, 02 Januari 2023 19:42 WIB

Ketua DPAC PKB Bangil, Afifudin atau yang akrab disapa Gus Afif.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua DPAC Bangil, Afifudin, angkat bicara soal wacana untuk pesta demokrasi mendatang yang sempat dilontarkan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Ia menganggap, hal ini membuat resah para pendatang baru di ranah politik.

"Kalau ini diberlakukan, artinya kita mengalami kemunduran. Pola ini sekaligus mengebiri substansi pemilihan langsung," ucap pria yang akan maju sebagai calon legislatif 2024 Dapil Gempol, Beji, dan Bangil ini kepada BANGSAONLINE.com, Senin (2/1/2023).

"Karena masyarakat akan kembali pada fase di mana pemilih berjarak secara psikis dengan calon atau figur yang diharapkan akan menjadi perwakilannya di DPRD hingga DPR RI. Sehingga, pemilu hanya akan terasa mekanistik saja tidak terbuka untuk umum. Jika hal demikian terjadi, akan menjauhkan rakyat dari pemilu subtansial," paparnya menambahkan.

Gus Afif mengaku keberatan dengan sistem ini, karena nantinya diwajibkan ada edukasi politik yang harus menjadi agenda multipihak. Menurut dia, hal itu akan menguntungkan para calon lama dibandingkan dengan yang baru.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video