Cara Menabung Uang Traveling di Bank Digital | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cara Menabung Uang Traveling di Bank Digital

Editor: Revol Afkar
Jumat, 30 Desember 2022 18:33 WIB

Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Kesempatan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Indonesia dan luar negeri sungguh menyenangkan. Selain bisa bersantai dan memulihkan tenaga, Anda juga akan mendapatkan berbagai pengalaman baru.

Meski memang tidak bisa dipungkiri bahwa perjalanan ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal tersebut sering kali menjadi momok menakutkan yang pada akhirnya membuat orang takut untuk melakukan perjalanan.

Memang, bepergian tidak selalu berarti pengeluaran yang mahal atau menunggu menjadi kaya. Mereka yang hidup pas-pasan pun bisa sejahtera jika bisa mengelola keuangan dengan baik. Salah satunya adalah dengan rutin mengumpulkan uang liburan.

Bagi yang suka , berikut beberapa tips hemat yang bisa Anda coba.

1. Menentukan Tujuan dan Budget Traveling

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu ke mana akan melakukan . Anda dapat membuat daftar objek wisata yang ingin dikunjungi dan memprioritaskannya.

Baik itu berdasarkan jarak, ketersediaan, kondisi destinasi wisata, maupun ketersediaan waktu berlibur. Waktu rencana keberangkatan juga harus ditentukan di sini untuk pemrosesan dana yang optimal.

2. Membuat Tabungan atau Rekening Khusus

Tabungan atau rekening tabungan khusus diperlukan bagi pecinta travel. Hal ini penting agar dana untuk persiapan liburan tidak tercampur dengan tabungan lain atau bahkan uang yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Banyak pengalaman yang menunjukkan bahwa jika kita memusatkan uang perjalanan dalam satu rekening, maka sangat rentan digunakan untuk kebutuhan lain. Selain itu, perhatian Anda mudah teralihkan, sehingga Anda tidak bisa mengontrol perkembangan tabungan. Jika hal ini terus berlanjut, tentu saja tujuan penghematan perjalanan tidak akan tercapai.

3. Penghematan yang Konsisten dengan Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Setelah Anda menetapkan tabungan khusus, Anda harus berkomitmen untuk selalu menabung dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Kedengarannya memang klise, tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan konsisten, pasti bisa membuahkan hasil yang maksimal.

Dalam hal ini, dimungkinkan untuk mengurangi cara-cara yang kurang penting yang mungkin menghabiskan banyak uang. Misalnya kebiasaan merokok, nongkrong di kafe, nonton film, shopping dll. Anda bisa mulai mengubahnya agar kebiasaan tersebut bisa perlahan dikurangi.

4. Otomatisasi Penyimpangan Gaji

Untuk mewujudkan keinginan perjalanan Anda, Anda harus siap menyisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabung setiap bulan. Nah, untuk konsistensi, Anda bisa mengotomatiskannya agar setiap awal bulan gaji langsung dipotong untuk ditabung. Cara ini cukup efektif untuk tidak melupakan dan menghindari penjualan gaji karena pengeluaran yang tidak perlu.

5. Jadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Semakin jauh dari destinasi yang ingin Anda kunjungi, semakin banyak biaya yang dibutuhkan. Misalnya, yang ingin jalan-jalan ke luar negeri, tentunya harus siap dengan tawaran budget yang jauh lebih besar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video