Gen Z Banyak Terjerat Utang Paylater, Simak yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Paylater | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gen Z Banyak Terjerat Utang Paylater, Simak yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Paylater

Editor: Annisa'a Ambarnis
Jumat, 30 Desember 2022 08:27 WIB

Gen Z Banyak Terjerat Utang Paylater, Simak yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Paylater. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gen Z sebagai generasi yang adaptif terhadap teknologi cenderung memilih fasilitas kredit melalui platform online seperti dibanding kredit perbankan. Pemilihan fasilitas kredit yang memiliki persyaratan yang mudah membuat banyak orang menyukai .

Menurut Indef, kasus-kasus pinjaman yang dilakukan oleh para pengguna berusia di bawah 19 tahun banyak yang tersendat karena belum adanya penghasilan.

"Rata-rata kredit macetnya itu Rp 2,8 juta per orang, itu adalah angka tertinggi kalau dibandingkan dengan kelompok umur lainnya", ujar Nailul.

Nailul mengatakan bahwa perlu adanya pengukuran atas kemampuan penggunanya untuk dapat membayar kembali pinjaman tersebut.

"Kalau untuk anak-anak di bawah 19 tahun misalnya, sebaiknya ada semacam persetujuan dari orang tua atau sejenisnya. Kalaupun disetujui sebaiknya diberi limit pinjaman yang rendah", jelas Nailul.

Secara keseluruhan OJK mengatakan bahwa angka kredit macet telah mencapai 7,61 persen pada September lalu.

Meski demikian, Bambang W Budiawan selaku Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank OJK menuturkan bahwa bisnis Buy Now Pay Later (BNPL) ini tidak membutuhkan regulasi khusus.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video