Baznas Sidoarjo Salurkan Bantuan Biaya Hidup ke Ratusan Dhuafa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Baznas Sidoarjo Salurkan Bantuan Biaya Hidup ke Ratusan Dhuafa

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Mustain
Selasa, 27 Desember 2022 17:44 WIB

Ketua Baznas Sidoarjo, M Chasbil Salju Sodar, saat menyerahkan bantuan ke dhuafa di Pendopo Delta Wibawa. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Baznas menyalurkan bantuan biaya hidup bagi ratusan dhuafa atau penerima manfaat di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (27/12/2022). Ratusan warga penerima manfaat yang mendapat bantuan biaya hidup ini terdiri dari 327 fakir miskin dari 18 kecamatan, 10 anak yatim piatu, dan lima orang difabel tunanetra di Kota Delta.

"Penyaluran bantuan ini merupakan implementasi dari tugas pokok dan fungsi dari Baznas. Baznas mengatur penghimpunan, pendistribusian dan pendayagunaan Zakat, Infak Shodaqoh dan DSKL (dana sosial keagamaan lainnya)," kata Ketua Baznas , M Chasbil Salju Sodar. 

Gus Jazuk (panggilan akrab Ketua Baznas ) mengatakan bahwa bantuan biaya hidup seperti yang disalurkan pada hari ini, adalah bentuk distribusi dari hasil penghimpunan Zakat Infak Shodaqoh (ZIS) dari para Muzakki (orang yang berzakat), Munfik (orang yang berinfak) dan disalurkan pada para penerima manfaat, yakni Mustahiq (orang yang berhak).

Ia menambahkan, distribusi dan pendayagunaan (penyaluran yang dapat memberikan dampak atau manfaat lebih besar dan produktif, red) Baznas Kabupaten dicanangkan melalui berbagai program dengan berbagai kegiatannya. Yakni meliputi Program Peduli, Cerdas, Sehat, Taqwa dan Makmur.

"Program dan kegiatan penyaluran ZIS ini, bagian dari mewujudkan kemaslahatan, khususnya bagi para penerima manfaat itu sendiri," tandas Gus Jazuk.

Masih kata Gus Jazuk, Baznas Kabupaten dalam menjalankan roda organisasinya berpegang pada prinsip 3 Aman.

"Aman syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI," tandasnya.

Menurut dia, dengan berpegang pada prinsip 3 Aman ini, diharapkan Baznas menjadi lembaga yang kredibel dan terpercaya dalam pengelolaan ZIS ini. Ia pun berterima kasih kepada para Muzakki, baik  perorangan, khususnya para ASN di lingkungan Pemkab maupun badan yang mempercayakan pengelolaan zakatnya pada Baznas .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video