Dampak dan Pengertian dari Fenomena Solstis 22 Desember 2022 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dampak dan Pengertian dari Fenomena Solstis 22 Desember 2022

Editor: Revy Ariesti Equilibrina
Senin, 19 Desember 2022 15:59 WIB

Ilustrasi. Foto: Pixabay

BANGSAONLINE.com - Fenomena Solstis akan terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada Kamis 22 Desember 2022. Dilansir dari berbagai sumber, fenomena langit ini merupakan peristiwa astronomi yang disebabkan oleh kemiringan sumbu , dan gerakan orbitnya ketika mengelilingi .

Pada dasarnya, tidak mengorbit secara tegak sebaliknya miring 23,5 derajat dari porosnya. Setiap tahun, pada bagian utara dan selatan saling bertukar tempat dalam menerima cahaya secara langsung.

Sehingga, kejadian yang biasa disebut dengan titik balik itu juga dinamakan sebagai petunjuk musim. Ketika fenomena Solstis Desember terjadi, peristiwa ini menandai dimulainya musim panas di belahan bagian selatan dan musim dingin di bagian utara.

Beberapa hari lalu, jagat maya sempat heboh atas unggahan yang menyebut tidak boleh keluar rumah ketika terjadi. Kendati demikian, earthsky.org menyatakan “Tidak peduli di mana anda tinggal di dunia -tidak peduli jam berapa itu terjadi untuk anda-titik balik adalah sinyal anda bahwa terjadinya perubahan musim,”

Fenomena Solstis Desember berdasarkan laman tersebut bakal terjadi pada Rabu, 21 Desember 2022 pukul 21.48 UTC. Atau di Indonesia tepatnya pada Kamis, 22 Desember 2022 pukul 04.48 WIB.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video