Gubernur Khofifah Kukuhkan 7 TPAKD di Jawa Timur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah Kukuhkan 7 TPAKD di Jawa Timur

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 15 Desember 2022 23:02 WIB

Gubernur Khofiffah saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2022 TPAKD se-Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengukuhkan 7 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (), yakni Kabupaten Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Bojonegoro, Tulungagung, Pacitan, dan Lumajang.

Agenda tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2022 se-Jawa Timur di Ballroom Kantor Kanreg IV Jatim, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (15/12/2022).

Gubernur mengatakan bahwa telah terbentuk 27  di Jawa Timur, dan dengan tambahan 7 yang dikukuhkan hari ini, total menjadi 34 kabupaten/kota dari 38 kabupaten/kota. Ia pun mendorong kabupaten/kota yang belum membentuk agar segera menyusul.

"Tim percepatan akses keuangan daerah ini menjadi bagian penting untuk mendorong berbagai sektor terutama UMKM di daerah masing-masing, hari ini ditambah lagi 7 Kabupaten berarti sudah 34. Tinggal 4 daerah akan kita didorong bersama supaya memiliki komitmen yang sama," ujarnya.

Menurut dia, merupakan bentuk sinergi antara pemerintah daerah, , Bank Indonesia dan stakeholders lainnya dalam mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Keberadaan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, mendorong keadilan sosial, meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat banyak melalui inklusi dan literasi keuangan.

Gubernur menegaskan, memiliki peran penting dalam mendorong masyarakat untuk lebih memahami literasi keuangan. Tak hanya itu, diharapkan mampu menghindarkan masyarakat dari jeratan rentenir.

menuturkan, tingkat literasi keuangan Jawa Timur saat ini berada di atas rata-rata nasional. Indeks inklusi keuangan Jawa Timur tahun 2022 mencapai 92,99 persen sementara nasional 85,10 persen. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video