Fenomena Gangster, Praktisi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Ungkap Pemicunya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Fenomena Gangster, Praktisi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Ungkap Pemicunya

Editor: Siswanto
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Selasa, 13 Desember 2022 22:31 WIB

Dosen sekaligus praktisi Ilmu Sosial Umsida, Didik Hariyanto saat menjelaskan pemicu fenomena gangster.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Universitas Muhammadiyah (Umisda) dalam menanggapi tren gangster yang sedang marak di Kota Delta, menyebut hal itu merupakan perilaku imitasi (tiruan).

Dosen sekaligus praktisi Ilmu Sosial Umsida, Didik Hariyanto mengatakan, fenomena sekelompok gangster yang sedang marak saat ini, adalah peniruan perilaku dari yang sudah ada di daerah lain.

"Dalam ilmu sosial ada yang namanya teori imitasi atau peniruan. Nah teori ini mengatakan, jika ada sesuatu tindakan yang dilakukan individu atau kelompok terjadi secara terus menerus maka dapat menimbulkan inspirasi bagi sebagian kelompok lain untuk melakukan sesuatu yang sama. Seperti kita ketahui gangster ini kan awalnya juga bukan dari tapi di daerah kota-kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung," jelasnya, Selasa (13/12/2022)

Ia mengatakan, pemicu dari fenomena gangster itu adalah peniruan, dari dasar itulah, mereka mempunyai eksistensi lebih yang ingin ditampilkan.

"Kenapa kemudian mereka tidak mengambil barang berharga dari korban seperti semisal begal dan rampok? Jawabannya adalah karena kepuasannya hanya disitu (melukai korban), dan apabila korban melawan, maka mereka tidak segan untuk mengajak adu jotos atau kekuatan," jelas Dosen Ilmu Komunikasi ini.

Menurutnya, gerombolan pemuda atau remaja yang telah tergabung menjadi gangster ini, melakukan bentuk pelanggaran hukum, maka mereka akan merasa kuat dan hebat, sebab mereka melakukannya secara bersama.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video