KPU Gresik Gelar Uji Publik Penentuan Dapil Pemilu 2024 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KPU Gresik Gelar Uji Publik Penentuan Dapil Pemilu 2024

Editor: Siswanto
Wartawan: Syuhud
Selasa, 13 Desember 2022 18:26 WIB

Komisioner KPU Gresik, Elvita Yuliati memaparkan rancangan dapil pada Pemilu 2024. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - KPU menggelar uji publik Rancangan Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil), dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten dalam Pemilu 2024, di Hotel Horison, Selasa (13/12/2022).

Uji publik yang dipimpin Komisioner KPU , Elvita Yuliati itu, turut mengundang puluhan stakeholders, mulai tokoh masyarakat (Tomas), perwakilan LDII, PCNU, Muhammadiyah, akademisi, Komunitas Wartawan (KWG), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), perwakilan partai politik, ketua fraksi dan stakeholder lainnya.

KPU dalam uji publik tersebut, menawarkan 2 rancangan dapil untuk Pemilu 2024. Rancangan pertama, 8 dapil, yakni, Dapil 1 (, dan Kebomas), Dapil 2 (Duduksampeyan dan Cerme) dan Dapil 3 (Kedamean dan Menganti).

Kemudian, Dapil 4 (Wringinanom dan Driyorejo), Dapil 5 (Benjeng dan Balongpanggang), Dapil 6 (Dukun, Panceng, dan Ujungpangkah).

Lalu, Dapil 7 (Sangkapura dan Tambak), dan, Dapil 8 (Manyar, Bungah, dan Sidayu).

Sementara kedua, 9 Dapil, dengan mengurangi jumlah kecamatan di Dapil 6 dan 8. Sehingga, muncul Dapil 9 (Sidayu dan Ujungpangkah).

Dari uji publik itu muncul 2 opsi dari perwakilan partai yang hadir.

"Gerindra mengusulkan tetap 8 dapil pada Pemilu 2024. Sementara, untuk Dapil 7 (Sangkapura dan Tambak) tetap 4 kursi. Sebab, banyak sekali yang harus diperjuangkan untuk kemajuan di Pulau Bawean," ucap Ketua DPC Partai Gerindra, Asluchul Alif.

Senada juga dikatakan oleh Sekretaris DPD Nasdem, Ainul Fuad. Ia menyampaikan, Nasdem minta agar pada Pemilu 2024, dapil tetap 8.

"Tak ada perubahan dapil. Tetap 8," kata Ainul Fuad.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video