Petrokimia Gresik Siapkan Solusi Alternatif Pupuk Subsidi untuk Petani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petrokimia Gresik Siapkan Solusi Alternatif Pupuk Subsidi untuk Petani

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Jumat, 09 Desember 2022 23:06 WIB

Petugas saat menyiapkan pupuk sebelum dikirim ke gudang penyangga untuk dijual ke petani. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia telah menyediakan alternatif (pupuk ZA Plus, Phosgreen, dan Petroganik Premium) bagi petani yang membutuhkan pupuk ZA, SP-36, dan Petroganik. Pasalnya, beragam jenis pupuk itu sudah tidak lagi masuk dalam skema subsidi saat ini.

Petrokimia juga memiliki NPK Phonska Plus dan Urea nonsubsidi bagi petani yang jatah pupuk bersubsidinya sudah habis, atau bagi petani yang tidak mendapatkan jatah subsidi, karena tidak terdaftar dalam Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), atau tidak memenuhi persyaratan mendapatkan pupuk bersubsidi berdasarkan ketentuan pemerintah.

"Pupuk nonsubsidi Petrokimia memiliki kandungan lebih lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman. Dari sisi harga memang sedikit lebih tinggi dibandingkan pupuk subsidi, tapi hasil panen yang diperoleh petani bisa melimpah, sehingga pendapatan yang diperoleh juga lebih tinggi," kata Direktur Utama Petrokimia , Dwi Satriyo Annurogo, Jumat (9/12/2022).

Ia menyebut, pihaknya tahun ini mendapatkan amanah penyaluran pupuk bersubsidi sebanyak 3,87 juta ton atau 49 persen dari total alokasi pupuk bersubsidi pemerintah, yakni 7,77 juta ton. Jumlah yang menjadi tanggung jawab Petrokimia ini paling besar di antara anggota holding lainnya.

"Hingga bulan Desember ini kami optimis dapat menuntaskan tanggung jawab ini hingga 100 persen. Apalagi, akhir tahun ini banyak petani yang melakukan pemupukan. Ini adalah komitmen Petrokimia dalam menjaga ketahanan pangan nasional," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video