Buka Silatnas dan Semnas Pamong Praja STPDN 01, Gubernur Khofifah Kenalkan 3 Karakter IKI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buka Silatnas dan Semnas Pamong Praja STPDN 01, Gubernur Khofifah Kenalkan 3 Karakter IKI

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 04 Desember 2022 20:10 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengajak para Pamong Praja Angkatan 01 untuk bergandengan tangan menjawab dinamika global lewat Inisiatif, Kolaborasi, Inovasi (IKI) yang telah digaungkan sejak bertambahnya usia pada 12 Oktober 2022.

"Menghadapi tantangan masa depan termasuk ancaman krisis pangan, ekonomi dan energi maka IKI adalah jawabannya. Seluruh tim di telah kami satukan langkahnya untuk berani berinisiatif dan seluruh kepala OPD harus open mind," ujarnya saat membuka Silatnas dan Seminar Nasional (Semnas) Pamong Praja 01 di Malang, Sabtu (3/12/2022) malam.

mengatakan bahwa kunci menghadapi dinamika dunia, baik era 4.0 maupun era 5.0 bahkan nanti 6.0 salah satu kuncinya adalah kolaborasi. Sedangkan, inovasi adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan saat ini.

Menurut dia, Karakter IKI telah ada pada para tokoh pencetak perubahan atau game changer baik kelas dunia maupun skala nasional. Salah satu sosok Game Changer di Indonesia diantaranya Ir. Soekarno, dr. Soetomo, KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Hasyim Asy’ari. Sementara sosok Game Changer Dunia yakni Steve Job, Mark Zugerberg hingga Elon Musk.

“Ketiga karakter IKI adalah karakter utama dari figur penggerak perubahan zaman yang tak ubahnya seorang game changer. Para game changer ini menggunakan segenap kekuatan, daya upaya untuk menciptakan gagasan yang dapat memberi makna baru dan mengubah kehidupanya, lingkungannya maupun mengubah dunia,” paparnya.

"Silatnas ini menjadi ajang untuk bisa saling bertukar pikiran karena para alumni ini adalah mereka yang memiliki karir dan jabatan di berbagai jenjang baik pusat hingga daerah. Di antara pengalaman dan karir dari masing masing alumni ini diharapkan tercipta ide-ide positif demi membangun Indonesia," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, gubernur juga memaparkan sejumlah capaian keberhasilan memimpin Jawa Timur yang bermodalkan strong partnership dan strong collaboration. Keberhasilan ini tergambar dalam banyaknya capaian prestasi dari bidang pendidikan, Kesehatan, ASN, Income perkapita, SPM, hingga strategi jitu di sektor pangan.

Di hadapan peserta silatnas, menyebut Jawa Timur tim sebagai provinsi yang mengedepankan dan peduli pada sektor pendidikan. Terbukti, dalam tiga tahun terakhir Jawa Timur terus mendominasi dengan menduduki peringkat pertama jumlah yang diterima pada jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Bahkan, pada jenjang sekolah Jatim mampu berprestasi pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dimana tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2020-2022 Jatim menjadi juara umum kompetisi tersebut. Begitu pula olimpiade penelitian siswa, dua tahun berturut- turut Jatim juara umum. Dan masih banyak prestasi lainnya di bidang pendidikan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video