9 Spot Mancing di Tuban yang Potensial, Kapal Tanker Salah Satunya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Spot Mancing di Tuban yang Potensial, Kapal Tanker Salah Satunya

Editor: Sigit
Minggu, 04 Desember 2022 16:31 WIB

Ilustrasi gambar memancing (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tuban merupakan sebuah kabupaten yang ada di wilayah administratif Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa. Dengan berpenduduk sekitar satu juta jiwa, wilayah ini mempunyai luas 1.904,70 km² dan panjang pantai mencapai 65 km.

Selain terkenal dengan sebutan kota Wali, Tuban juga populer sebagai Kota Seribu Goa karena letak Tuban yang berada pada deretan Pegunungan Kapur Utara. Selain itu di wilayah ini terdapat sejumlah destinasi wisata yang menyajikan pemandangan pantai yang menakjubkan, dan menjadi objek wisata laut kebanggaan Jawa Timur. Tak heran jika banyak pelancong dari berbagai daerah datang ketika momen liburan tiba.

Bagi anda yang merupakan penggemar olahraga mancing. Setidaknya ada sembilan spot memancing terbaik di pinggiran laut Tuban, yang bisa kalian jadikan rekomendasi baru untuk meluangkan hobi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut kami sajikan sembilan spot mancing di Tuban yang dihuni oleh berbagai jenis spesies ikan.

1. Dermaga TPI Bulu Bancar Tuban

Spot mancing pertama yang wajib dikunjungi adalah Dermaga TPI Bulu Bancar Tuban. Memiliki fungsi utama dari lokasi ini adalah tempat untuk bersandar kapal nelayan tradisional setempat. Namun, tempat ini juga kerap menjadi pilihan bagi masyarakat sekitar untuk melepas penat.

Di area bangunan pelabuhan yang berada di utara jalan tersebut, tepat berada di Desa Bulumeduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban terdapat sarana menarik yang bisa memikat hati para angler.

Dermaga TPI Bulu Bancar Tuban memiliki spot bebatuan yang kerap kali dijadikan tempat mancing bagi warga. Selain itu kita juga bisa memancing diantara perahu nelayan yang bersandar.

Spot yang satu ini memiliki banyak habitat ikan diantaranya kerapu, kakap putih, baronang, kiper, dan belanak.

2. Kawasan PJB Jenu Tuban

Di spot yang jarang diketahui banyak orang ini, tersembunyi habitat ikan yang menjadi surga bagi pemancing. Berada di desa Jenu, Kaliuntu, Tuban, kita akan menemukan lokasi bebatuan karang yang menjadi spot potensial bagi pemancing. 

Kawasan ini merupakan area terlarang untuk melakukan aktivitas apapun di tempat ini. Perlu kewaspadaan yang lebih apabila memancing di tempat ini. Apabila beruntung kita bisa mendapatkan ikan yang berukuran jumbo yang menghuni habitat tempat ini.

3. Kawasan PLTU Tanjung Awar-Awar Tuban

Spot PLTU Awar-Awar Tuban merupakan spot legendaris yang diidolakan banyak pemancing yang ingin mengisi waktu luang. Spot batuan karang yang menjadi tempat hidup para ikan, menjadikan tempat ini sering dijadikan jujugan para angler untuk mendapatkan ikan besar.

Di spot yang bersih ini anda bisa mendapatkan ikan kerapu, kakap putih, belanak, laosan, ikan pari, dan masih banyak lagi. Cuaca terik tidak menyurutkan semangat para pemancing untuk meninggalkan lokasi ini. 

Selain itu kita perlu berhati-hati ketika memancing di tempat ini. Jalan masuk menuju spot PLTU Tanjung Awar-Awar Tuban lebih mudah diakses dengan kendaraan roda dua. Cukup sediakan ikan belanak berukuran kecil atau udang vaname hidup sebagai umpan yang menjadi pemikat para ikan monster.

4. Spot Pantai Boom

Selain sebagai destinasi wisata yang terkenal di kota Tuban, Pantai Boom juga bisa menjadi referensi Anda untuk memancing.

Di area wisata ini terdapat daratan dengan posisi menjorok ke laut dengan panorama yang indah. Lokasinya yang berada di sebelah utara Alun-Alun Tuban membuat pantai yang satu ini diserbu pengunjung ketika momen liburan datang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video