Lewat EJFH 2022, Gubernur Khofifah Kenalkan Beragam Wastra Batik dan Tenun Khas Jawa Timur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lewat EJFH 2022, Gubernur Khofifah Kenalkan Beragam Wastra Batik dan Tenun Khas Jawa Timur

Editor: Siswanto
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 03 Desember 2022 20:12 WIB

Para model saat menampilkan busana dari desainer-desainer Jawa Timur di East Java Fashion Harmony 2022 yang digelar di Gunung Bromo. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Khofiffah mengapresiasi gelaran East Java Fashion Harmony (EJFH) 2022 yang berlangsung di Segoro Wedhi Gunung Batok Kawasan Taman Nasional Semeru (TNBTS), Sabtu (3/12/2022). 

Menurut dia, acara bertajuk 'Estetika Wastra Jawa Timur' ini menjadi wujud eksistensi keberagaman wastra (kain) khas wilayah yang ia pimpin, dan secara eksotis ditampilkan dengan latar belakang Gunung yang menawan.

“Ini luar biasa ketika wastra khas Jatim ditampilkan dalam peragaan fesyen dengan latar Gunung yang indah. Saya yakin ini menjadi ajang strategis untuk mempromosikan kekayaan Jawa Timur dengan keanekaragaman wastranya ke kancah dunia,” tuturnya.

Dihiasi dengan kemegahan dan keindahan Gunung , EJFH menampilkan busana wastra karya 11 desainer asal Jawa Timur yang memiliki segudang prestasi baik regional, nasional maupun internasional. Batik maupun tenun karya mereka kemudian dibawakan dengan elok oleh para model, sehingga memanjakan mata para tamu undangan yang hadir.

Gubernur mengatakan bahwa agenda tersebut sengaja dihelat sebagai upaya mewujudkan pelestarian budaya bangsa Indonesia, dan diharapkan semakin menguatkan ekonomi di Jawa Timur. Event mode yang telah digelar 4 kali ini juga mendapatkan predikat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai 10 Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Dengan pelestarian wastra khas Jatim maka produktivitas para pengrajin khas Jatim akan semakin meningkat. Maka acara ini saya rasa sarat akan manfaat baik untuk kebangkitan ekonomi, juga sebagai bagian dari pelestarian budaya bangsa Indonesia," ujarnya.

Dengan pemilihan lokasi di kawasan wisata atau Kaldera, berharap semangat pelestarian dan mengenalkan budaya Jatim dan Indonesia bisa tersampaikan. Agar masyarakat dunia bisa mengenal lebih dalam kekayaan alam dan wastra Jatim serta Indonesia.

“EJFH ini kita harap jadi mercusuar kekuatan dan kemajuan bangsa kita sebagai bangsa yang berbudaya dan berkarakter. Sekaligus membangun paradigma dan harmonisasi baru pada sektor pariwisata dengan basis kebudayaan,” paparnya.

“Tidak mudah untuk berada dititik ini, perlu banyak pengorbanan baik tenaga maupun pikiran. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Jawa Timur. TNBTS, khususnya terima kasih kepada masyarakat,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video