7 Destinasi Wisata Tuban yang Keren, Populer, dan Layak Dikunjungi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

7 Destinasi Wisata Tuban yang Keren, Populer, dan Layak Dikunjungi

Editor: Sigit
Jumat, 02 Desember 2022 22:07 WIB

ilustrasi pantai (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tuban merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Jawa Timur. Kota yang satu ini terletak di tepi pantai pulau Jawa bagian utara, dengan batas-batas wilayah: utara laut Jawa, sebelah timur Lamongan, sebelah selatan Bojonegoro, dan barat Rembang dan Blora Jawa Tengah.

Tuban yang berpenduduk sekitar 1 juta jiwa ini juga memiliki berbagai destinasi wisata indah dan memanjakan mata.

Beberapa obyek wisata di Tuban yang banyak dikunjungi pelancong adalah Makam Wali, contohnya Sunan Bonang, Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Bejagung dll.

Merangkum dari berbagai sumber, Berikut ini adalah 7 tempat wisata Tuban yang keren, populer dan layak dikunjungi.

1. Pantai Boom

Pantai yang satu ini terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, atau tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Pantai Boom memiliki luas kawasan kurang lebih 2,2 hektar, terletak di kawasan yang sangat strategis serta mudah dijangkau oleh kendaraan dari arah manapun.

Pantai Boom dulunya merupakan pelabuhan penting di masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Pelabuhan ini menjadi jalur utama dalam sebuah perlintasan, pelayaran, dan perdagangan kerajaan Singasari dan Majapahit.

Selain pemandangan lautnya yang menawan, pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti komedi putar, bianglala, ayunan, dan perosotan. Menariknya lagi, tersedia fasilitas kolam renang khusus anak-anak. Meski tidak bisa berenang di lautnya, anak-anak bisa bermain air di kolam renang ini.

Salah satu daya tarik utama bagi pengunjung di Pantai Boom adalah panorama saat matahari terbit maupun tenggelam. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke pantai hanya untuk menyaksikan langsung momen tersebut.

2. Pantai Kelapa

Pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata idola di Bumi Wali ini terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang.

Pantai Kelapa memiliki panorama alam yang indah dan menawan dengan deretan nyiur melambai. Para pengunjung bisa melakukan banyak hal menarik di pantai tersebut.

Berbagai macam fasilitas tersedia di Pantai Kelapa, seperti flying fox, arena outbond, motor roda empat All Terrain Vehicle (ATV), kuda, kolam renang, dan berbagai pilihan spot menarik untuk dicoba.

Bagi para pecinta kuliner tidak perlu khawatir karena banyak tersedia warung-warung makan di sekitar pantai yang menyajikan berbagai macam menu kuliner yang wajib untuk dicicipi.

3. Museum Kambang Putih Tuban

Untuk dapat mengetahui jejak sejarah dan berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kabupaten tuban, Museum Kambang Putih Tuban dapat dijadikan referensi destinasi wisata kita selanjutnya.

Museum ini terletak di lokasi yang sangat strategis, yakni berdekatan dengan Kantor Bupati, Alun-alun Tuban, dan Pantai Boom.

Museum Kambang Putih merupakan satu-satunya tempat wisata Tuban berupa museum yang memiliki 1 lantai dengan luas sekitar 150 m2.

Museum kebanggaan masyarakat Tuban ini memiliki koleksi mencapai 5.774 buah hingga bulan bulan Agustus 2021.

Mayoritas koleksi yang ada di museum ini berupa peralatan laut yang didapat dari penyelaman di laut terutama Pantai Boom.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video