Update Data Nilai Konsumsi Masyarakat Kota Kediri, TPID Gandeng BPS Gelar Rakor SBH | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Update Data Nilai Konsumsi Masyarakat Kota Kediri, TPID Gandeng BPS Gelar Rakor SBH

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 28 November 2022 18:37 WIB

Kepala BPS Kota Kediri, Lilik Wibawati, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat menggelar rapat koordinasi dan evaluasi Suvei Biaya Hidup (SBH) 2022 Triwulan III guna memperbaiki data nilai konsumsi penduduk di Kota Tahu.

“Semua petugas kita undang untuk mendapatkan arahan dari BPS Provinsi Jawa Timur sebagai fasilitator. Jadi kalau ada kesalahan-kesalahan bisa diperbaiki, sehingga perlu adanya evaluasi ke depannya,” kata Kepala BPS Kota , Lilik Wibawati, Senin (28/11/2022).

Menurut dia, SBH merupakan survei pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas baru dalam perhitungan Indeks Harga Konsumen (IHK).

“Ini sebagai dasar penghitungan inflasi jadi setiap tiga tahun kita perbarui, terakhir tahun 2018 kemudian tahun 2022 ini bagaimana setelah adanya pandemi kita kumpulkan paket-paket komoditas untuk menghitung inflasi,” ujarnya.

Ia menyebut, terdapat sebelas pengelompokan komoditas yang menjadi fokus SBH, antara lain: makanan, minuman, dan tembakau; pakaian dan alas kaki; perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga; perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga; kesehatan; transportasi; informasi, komunikasi dan jasa keuangan; rekreasi, olahraga, dan budaya; pendidikan; penyediaan makanan dan minuman; serta perawatan pribadi dan jasa lainnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video